Pemkab Sidoarjo Serahkan 100 SHAT Kepada Pelaku UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Feb 2023 09:46 WIB

Pemkab Sidoarjo Serahkan 100 SHAT Kepada Pelaku UMKM

i

Penyerahan SHAT kepada 100 pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (22/2/2023). Foto: Pemkab Sidoarjo.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo berkomitmen untuk menjadikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya naik kelas. UMKM naik kelas  termasuk ke dalam 17 Program Prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Sejumlah upaya dilakukan mulai dari akses pembinaan, pembiayaan, hingga akses peningkatan aset. Pembiayaan dan aset dinilai dapat menjadi faktor penghambat berkembangnya UMKM jika tidak dikelola dengan baik.

Baca Juga: Tim Wasev TMMD ke-120 Mabesad Bersama Plt Bupati Sidoarjo Lakukan Penanaman Jagung

Maka dari itu, guna meningkatkan aset UMKM, Pemkab Sidoarjo melakukan kerjasama lintas sektor di bidang ekonomi, yakni dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) kepada 100 pelaku UMKM di kabupaten setempat. Penyerahan aset tersebut dilaksanakan oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (22/2/2023).

“Untuk tahun depan saya meminta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk bersurat kembali ke Kemenkop agar peningkatan aset ditingkatkan lagi,” kata Ahmad Muhdlor, Rabu (22/2/2023).

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan para pelaku UMKM yang menerima aset untuk lebih bijak menggunakannya. Apalagi peningkatan dan pembiayaan untuk UMKM yang diupayakan Pemkab Sidoarjo bertujuan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo dan Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau TMMD Ke-120 di Desa Penambangan

“Insya Allah, jika semua sektor saling berkolaborasi dalam peningkatan dan penguatan di bidang ekonomi, terutama UMKM, inflasi tidak akan terjadi di Sidoarjo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi, ST.MM menuturkan bahwa Program SHAT pelaku usaha mikro tahun ini dilaksanakan di Desa Dukung Tengah, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

“Mudah-mudahan para pelaku usaha mikro yang menerima sertifikat tanah hari ini dapat meningkatkan asetnya dan modal usahanya,” tuturnya.

Baca Juga: DPRD Sidoarjo Gelar Pra Orientasi Anggota Legislator Baru

Menurutnya, Sektor UMKM mempunyai peran strategis bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo. Kendati demikian, masih ditemui permasalahan yang mendasar seperti permasalahan permodalan, SDM, Pemasaran hingga tempat usaha yang belum kuat status hukumnya.

Edi menerangkan, peningkatan aset pelaku usaha mikro ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas usaha mikro termasuk permodalannya. Selain mendukung peningkatan aset pelaku usaha mikro, untuk permodalan Pemkab Sidoarjo juga disediakan program KURDA Sayang (Kredit Usaha Rakyat Daerah Sidoarjo Yang Gemilang) dengan bunga tiga persen per tahun melalui BPR Delta Artha.

"Target 5 tahun mendatang untuk UMKM naik kelas di Kabupaten Sidoarjo adalah 20 ribu UMKM. Selain itu Pemkab Sidoarjo juga melaksanakan program bedah warung untuk meningkatkan kualitas warung skala mikro. Sektor ekonomi mikro ini sangat penting bagi penguatan stabilitas ekonomi daerah," tutupnya. sdj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU