Jumlah Kunjungan Wisata di Sumenep Melonjak 300 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 25 Jun 2023 13:05 WIB

Jumlah Kunjungan Wisata di Sumenep Melonjak 300 Persen

i

Parade Musik Tong - tong di Kabupaten Sumenep. Foto: Pemkab Sumenep.

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus berupaya memajukan sektor wisata di wilayahnya hingga mampu meraih prestasi di bidang pariwisata pada tahun 2022.

Hal itu kemudian berdampak pada jumlah wisatawan yang mengalami kenaikan hingga 300 persen.  Kenaikan tiga kali lipat itu menjadi bukti keberhasilan Bupati Sumenep Achmad Fauzi memajukan sektor wisata di wilayahnya. 

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumenep, jumlah kunjungan wisata hingga Desember 2022 mencapai 1,05 juta orang. Jumlah tersebut naik 809 ribu dari tahun 2021 yang hanya 248 ribu wisatawan.

“Dari data yang dihimpun, sampai akhir 2022 kunjungan wisatawan terpesona dengan keindahan alam dan keunikan budayanya. Para wisatawan memang sangat menikmati panorama alam dan uniknya budaya lokal Sumenep," kata Fauzi di Kabupaten Sumenep, Sabtu (24/6/2023).

Fauzi mengaku bersyukur dengan peningkatan kunjungan wisatawan lantaran berdampak signifikan terhadap perekonomian di Sumenep. Pasalnya, kunjungan wisatawan menghidupkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di pedesaan.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

"Para wisatawan memberikan keberkahan tersendiri bagi masyarakat Sumenep. UMKM kami tumbuh dan pengangguran terbuka kami penurunannya paling baik di Jatim,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa pihaknya menargetkan dua juta kunjungan wisatawan pada tahun ini. Guna merealisasikannya, Pemkab Sumenep telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang tergabung dalam kalender event Sumenep 2023.

Menurutnya, ada beberapa destinasi unggulan di Sumenep yang menjadi favorit wisatawan. Di antaranya yakni Pantai Sembilan, Pulau Gili Labak, Pantai E- Kasogi, Wisata Mangrove Kedatim, Wisata Keris, Bukit Tawaf, dan Pulau Giliyang

Baca Juga: Tahun Ini, Bupati Sumenep, Siapkan 7 Bus Mudik Gratis Rute Jakarta-Sumenep

“Daerah yang menjadi favorit wisatawan itu dikelola oleh masyarakat dan menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah,” ujarnya. 

Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep itu membidik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kota keris itu. Adapun salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan gencar melakukan promosi menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. smn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU