Antisipasi El Nino, Gubernur Khofifah Tunjuk Tiga Daerah Jadi Lumbung Padi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 31 Jul 2023 14:05 WIB

Antisipasi El Nino, Gubernur Khofifah Tunjuk Tiga Daerah Jadi Lumbung Padi

i

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa telah menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas PU Sumber Daya Air, Dinas ESDM, dan instansi terkait untuk menyiapkan mitigasi dan antisipasi El Nino.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur.

Baca Juga: Siaga Darurat El-Nino, Pemprov Jatim Bersama BNPB Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Bencana

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia, sehingga memicu terjadinya kondisi kekeringan.

El Nino diperkirakan membuat sejumlah wilayah Jatim akan mengalami kekeringan secara ekstrem. Sehingga sejumlah daerah diperkirakan akan sulit untuk memproduksi padi.

Baca Juga: Kemarau Panjang El Nino Sebabkan Produksi Beras Berkurang

Oleh sebab itu, guna mengantisipasi krisis pangan, Khofifah menunjuk tiga daerah di antaranya Lamongan, Ngawi, serta Bojonegoro untuk tetap menanam padi. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga ketersediaan padi di Jatim tetap ada.

"Daerah-daerah tersebut menggunakan aliran air sungai atau sumber air yang ada," kata Khofifah, Senin (31/7/2023).

Baca Juga: Fenomena El Nino Masih Berlangsung, BMKG: Insyaallah Akan Mulai Turun Hujan di Bulan November

Selain itu, Khofifah juga mengajak seluruh warga Jatim untuk belajar dari pengalaman saat pandemi Covid-19. Di mana, meskipun berada di tengah krisis, produksi padi Jawa Timur tetap yang tertinggi di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2022.

"Maka ini menjadi pembelajaran yang baik bagi kita semua. Agar kemudian kita bisa belajar dari best practice tahun tahun itu," tuturnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU