Proyek Irigasi Rp 100 Juta di Morosunggingan Jombang Molor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Jan 2024 09:53 WIB

Proyek Irigasi Rp 100 Juta di Morosunggingan Jombang Molor

i

Bangunan saluran irigasi di Desa Morosunggingan, Peterongan, Jombang belum selesai dikerjakan. SP/Sarep

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Pengerjaan rehabilitasi irigasi tersier saluran cor bertulang di Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang belum selesai dikerjakan meski telah melewati tahun anggaran. 

Rehabilitasi irigasi tersier saluran cor bertulang di Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang sepanjang 181 meter, itu hingga kini masih belum selesai. Padahal proyek yang menelan anggaran APBN tahun anggaran 2023 sebesar Rp 100 juta dari Kementerian Ketenagakerjaan seharusnya sudah rampung pada 10 Desember 2023.

Baca Juga: Kasus IVD di Jombang Melonjak, 4 Orang Positif DBD Dilaporkan Meninggal, Ini Upaya Dinkes

Namun, pantauan di lokasi masih nampak sejumlah pekerja yang melakukan pengerjaan, dan dibagian ujung, terlihat baru selesai dilakukan pengecoran. 

"Masih belum selesai dikerjakan, ada pekerjanya. Kayaknya melakukan acian pada saluran irigasi," kata salah seorang warga sekitar, Kamis (11/01/2024). 

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya, perempuan yang rumahnya tidak jauh dari lokasi proyek saluran irigasi cor bertulang, mengungkapkan jika sebagian baru selesai dilakukan pengecoran. 

"Yang ujung (bawah rumpun bambu) sebelah selatan makam, malah baru selesai di cor. Materialnya juga masih berserakan di tepi jalan, belum dibersihkan," kata perempuan paruh baya ini menambahkan. 

Baca Juga: Pelajar SD Nyaris Buta Terkena Lemparan Kayu di Jombang, Orang Tua: Ganti Rugi Tak Sepadan!

Diketahui, di papan informasi proyek tertulis waktu pengerjaan rehabilitasi irigasi tersier saluran cor bertulang tersebut selama 15 hari. Terhitung mulai 25 November 2023 hingga 10 Desember 2023. Dengan jumlah tenaga kerja rata-rata per hari sebanyak 40 orang. 

Namun, di papan data kegiatan tidak disebutkan pelaksana kegiatan, rehabilitasi irigasi tersier saluran cor bertulang di Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. 

Terpisah, Kepala Desa Morosunggingan Sunaryo tidak menampik kalau pengerjaan rehabilitasi saluran irigasi, yang menggunakan anggaran APBN 2023 tersebut molor dari jadwal. Bahkan melewati tahun anggaran. 

Baca Juga: Satu TPS di Jombang Gelar Pemilihan Ulang, Ini Penyebabnya

"Mungkin ya, kurang seminggu lagi selesai," kata Sunaryo kepada media, Rabu (10/01/2024). 

Ia beralibi jika faktor hujan menjadi penyebab molornya waktu pengerjaan saluran irigasi tersebut. "Ya kena hujan, jadi pengerjaan molor. Debut airnya tinggi, ydi bendung sisi selatan ambrol kena air. Seumpama gak hujan sudah selesai itu," tegasnya. Sarep

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU