Home / Ekonomi dan Bisnis : UMKM Sumber Kehidupan Perekonomian

MenKopUKM Gencar Kembangkan Rumah Produksi di 10 Daerah Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Jan 2024 10:22 WIB

MenKopUKM Gencar Kembangkan Rumah Produksi di 10 Daerah Indonesia

i

Pekerja menyelesaikan kerajinan tangan yang berbahan dasar batang enceng gondok kering di UMKM Win's Rajut. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menyebut jika keberadaan UMKM di daerah-daerah merupakan ikon penting perekonomian RI. Pasalnya, UMKM sebagai elemen kunci dalam mengembangkan dan mempertahankan vitalitas ekonomi, sosial, dan budaya di desa-desa seluruh Indonesia.

Hal itulah yang membuat Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya UMKM sebagai bagian integral dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan nasional dan berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi inklusif.

Baca Juga: Serahkan Bansos, Khofifah Terus Tekan Kemiskinan Ekstrem Hingga Cegah Pelaku UMKM Terjerat Rentenir

“UMKM bukan sekadar bisnis, melainkan sumber kehidupan perekonomian dan jantung dari semangat kewirausahaan kita,” jelasnya, Jumat (12/01/2024).

Lebih lanjut, menurutnya UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia diproyeksikan akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada tahun 2034 yang menjadi sebuah peluang bagi pengembangan UMKM untuk terus mampu berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Baca Juga: GadePreneur Hadir Lagi Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

“Desa-desa di Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah seperti sumber daya alam, kerajinan tangan, pariwisata, pertanian, industri kreatif, dan potensi luar biasa lainnya,” ucap Teten.

Disatu sisi, untuk mewujudkan semakin menguatnya perekonomian di Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen dengan pengembangan UKM dalam suatu klaster usaha yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan desa dan kebutuhan nasional.

Baca Juga: Hadiri Gebyar Produk KKN, Bupati Ikfina Apresiasi Mahasiswa Untag

Diketahui, saat ini KemenKopUKM tengah mengembangkan rumah produksi bersama di 10 daerah di Indonesia, dengan pengelolaan yang profesional dari hulu hingga hilir dalam rumah produksi bersama. jk-03/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU