Bersama Forkopimda, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Cek Penyimpanan Logistik Pasca Pemilu

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Sabtu, 24 Feb 2024 17:35 WIB

Bersama Forkopimda, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Cek Penyimpanan Logistik Pasca Pemilu

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro saat mengecek gudang logistik KPU pasca pemilu

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Jelang Sidang Pleno KPU Kota Mojokerto, Penjabat (Pj) Wali kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro melakukan pengecekan logistik pasca Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Mojokerto, Jalan Mojopahit 446, Kecamatan Kranggan, Sabtu (24/2).

Didampingi Kapolresta Mojokerto Kota, serta perwakilan jajaran Forkopimda lainnya, Pj Wali kota ingin memastikan bahwa seluruh logistik Pemilu, seperti surat suara, kotak suara, dan bilik suara telah terkumpul lengkap dan tersimpan dengan aman. 

Baca Juga: Hakim MK Heran, KPU Pelit Beberkan Sirekap

Ali Kuncoro pun mengapresiasi segenap pihak yang telah turut serta menyukseskan Pemilu 2024. Termasuk, seluruh jajaran Forkopimda yang senantiasa bersinergi mengawal setiap tahapan, dari awal hingga akhir, sehingga tercipta Pemilu lancar, aman, dan damai.

“Partnership (red: sinergi) sukses. Partisipasi masyarakat juga sip. Tinggal terus dikawal sampai kedepan. Mari bersiap untuk hajatan pilkada. Mohon doanya agar mojokerto senantiasa aman damai, dan semua bisa berkarya untuk negeri,” ujar sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin Sholihin yang menyambut jajaran Forkopimda pagi tadi juga mengungkapkan apresiasimya kepada seluruh pihak Forkopimda, yakni Pemkot, Polresta, Kodim, Pengadilan Negeri, dan Kejaksaan Negeri, yang telah turut memastikan logistik tersimpan dengan aman di gudang logistik

Baca Juga: KPU: Realisasi Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp 40 Triliun

“Logistik ini menjadi penting, karena akan menjadi barang bukti ketika terjadi perselisihan hasil pemilu. Jadi, kami dari KPU berterima kasih kepada Polri, TNI, dan Linmas di bawah naungan Pemkot, yang tanpa lelah mengamankan. Luar biasa,” ujar Saiful Amin.

Di Gudang Logistik KPU, logistik Pemilu telah terkumpul lengkap dan aman. Sebanyak 1970 kotak suara dengan dari setiap TPS telah dikembalikan melalui kecamatan. Selain itu, juga di dalam masing-masing kota suara tersebut juga telah tersimpan surat suara dan bilik suara dengan jumlah yang sesuai.

Baca Juga: Sambut Hasil Rekapitulasi KPU, Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Tetap Kondusif

Lebih lanjut, Saiful juga menyebut bahwa seluruh tahapan dalam konteks rekapitulasi di tingkat kecamatan telah selesai. Berikutnya, Senin (26) akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kota dan setelahnya akan diserahkan ke provinsi. Dengan demikian, maka seluruh tahapan di Kota Mojokerto sudah selesai.

“Besok misalnya rekapitulasi di tingkat kota ada yang merasa keberatan dengan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan. Tentu kami memberi ruang yang seluas-luasnya kepada seluruh peserta partai politik,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, jika mekanisme sanggah tahun ini tidak lagi diajukan ke KPU atau Bawaslu, melainkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Karena seluruh ihwal perselisihan hasil Pemilu berada di MK. Dengan proses pengajuan harus dalam rentang waktu 3x24 jam. Dwi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU