Warga Terdampak Tanah Gerak di Jombang Bakal Dapat Bantuan Peralatan Isi Huntara

author Syaiful Arif Koresponden Jombang

- Pewarta

Selasa, 23 Apr 2024 14:43 WIB

Warga Terdampak Tanah Gerak di Jombang Bakal Dapat Bantuan Peralatan Isi Huntara

i

Kementrian Sosial (Kemensos) sudah menyiapkan kebutuhan peralatan rumah tangga di hunian sementara (Huntara). SP/ SAREP

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Warga terdampak tanah gerak di Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bakal tersenyum lega. Karena, Kementrian Sosial (Kemensos) sudah menyiapkan kebutuhan peralatan rumah tangga di hunian sementara (Huntara). 

Pj Bupati Jombang, Sugiat mengatakan, Kemensos akan melakukan assessment lokasi untuk menyiapkan kebutuhan warga terdampak tanah gerak Wonosalam. 

Baca Juga: Kisah Salamun, Juru Parkir Asal Jombang Berangkat ke Tanah Suci

"Kemensos nantinya akan membantu isi kebutuhan warga yang dievakuasi ke huntara. Kita sudah minta teman teman Dinsos komunikasi langsung ke Kemensos. Alhamdulilah Kemensos menyatakan akan menangani (kebutuhan) itu,’’ katanya, Selasa (23/04/2024).

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Jombang, Hari Purnomo mengatakan dari hasil koordinasi, Kemensos menyetujui untuk membantu isi kebutuhan huntara. 

"Beberapa hari lalu, kita bersama pak Camat Wonosalam sudah komunikasi langsung dengan Kemensos. Disana, ada Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta yang akan siap membantu isi huntara,’’ ujar dia.

Baca Juga: Perangi Narkoba, Polres Jombang Ringkus 13 Pengedar, Pakai Modus Paket Hemat

Melalui Sentra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta, Kemensos akan mengcover kebutuhan rumah tangga huntara, dengan item bantuan menyesuaikan kebutuhan masing-masing kepala keluarga. 

”Bantuannya berupa alat alat rumah tangga. Ada peralatan dapur, peralatan tidur, almari, kompor gas, magic com, tabung gas, dan lain-lain menyesuaikan kebutuhan warga,’’ jelas.

Baca Juga: Sapi Limosin di Jombang, Primadona Musim Kurban yang Laris Manis Terjual

Pada Maret lalu, Kemensos juga sudah memberikan bantuan untuk warga terdampak longsor. Diantaranya, berupa permakanan, sandang, alat rumah tangga dan perlengkapan evakuasi. 

”Kemarin dari Kemensos turun sendiri dan diserahkan pak kepala desa Sambirejo,’’ pungkasnya. sar

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU