Diduga Nikahi Istri Orang, Warga Mindu Gading Desak Kades Pecat Kaur Kesra

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 16:55 WIB

Diduga Nikahi Istri Orang, Warga Mindu Gading Desak Kades Pecat Kaur Kesra

i

Puluhan warga,  saat mendatangi kantor Desa Mindu Gading. SP/JUM

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Warga Desa Mindu Gading, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo  menggeruduk balai desa setempat, Senin (13/5/2024). Warga menuntut Kepala Urusan Kesejahteraan (Kaur Kesra)  desa setempat, yakni Teguh Ruly Setiawan untuk mundur dari perangkat desa, lantaran diduga telah menikah siri dengan seorang perempuan yang  masih berstatus istri orang.

Dalam aksinya, Eko Prayitno, salah satu tokoh agama desa setempat  mendesak agar Teguh Ruly Setiawan untuk mundur dari perangkat desa, (Kaur Kesra, red). Warga mengaku kecewa lantaran ulahnya yang diduga telah melakukan tindak asusila.

Baca Juga: Tanpa Papan Nama, Pembenahan Gedung DPRD Harus Berkualitas

"Pokoknya harus dipecat. Karena ulah dia sudah membuat resah warga," ujar Eko Prayitno, di sela-sela melakukan aksi di pendopo kantor desa setempat. 

Dia menjelaskan, tuntutan warga ini buntut dari viralnya foto surat keterangan pernikahan siri  Teguh Ruly Setiawan  dengan seorang wanita asal warga RT 06 RW 04, Desa Tambak Agung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto yang beredar di media sosial (medsos). Sedangkan wanita tersebut  diduga masih berstatus istri orang.

"Kabarnya dulu juga pernah berselingkuh, kemudian membuat kesepakatan dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Tapi ternyata kembali ketahuan dan malah viral di medsos," ujarnya.

Warga lain, yang juga tokoh masyarakat desa setempat, yakni, haji Subadi,  mendesak Kepala Desa (Kades) Mindu Gading agar segera memberhentikan Teguh Ruly Setiawan dari perangkat desa. Warga juga mengancam akan melakukan aksi serupa jika tuntutannya tidak segera dipenuhi.

"Ini kan sudah melanggar etika, jadi kami minta agar bu Kades segera memecat yang bersangkutan dari perangkat desa. Kalau tidak segera di pecat yang kami khawatirkan warga akan melakukan aksi lagi dengan jumlah yang lebih besar," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kaur Kesra Desa Mindu Gading, Teguh Ruly Setiawan, menyampaikan klarifikasi atas tuduhan selingkuh yang dilontarkan warga, dia menyebut bahwa dirinya sudah menikah siri dengan teman wanitanya yang dituding sebagai selingkuhannya tersebut.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Siap Terima Kritik Membangun

"Iya memang kami sudah menikah siri," katanya, saat dimintai penjelasan oleh warga di pendopo kantor desa setempat.

Bahkan, dia juga mengaku  jika surat keterangan pernikahan agama islam (surat nikah siri, red) yang bertuliskan KH. Moh. Soleh sebagai wali nikahnya tersebut dibuat oleh tanganya sendiri dengan cara mencontoh di google.

"Jadi kalau membuat duplikat surat keterangan pernikahan ini dianggap salah, saya siap bertanggungjawab secara hukum," ungkapnya.

Tak hanya itu, dia juga menampik tuduhan warga perihal wanita asal warga Desa Tambak Agung, Kecamatan Puri, Mojokerto yang telah dinikahinya secara siri pada tahun 2023 lalu tersebut masih berstatuskan istri orang. 

Baca Juga: Kegiatan Sosialisasi TMMD Ke-120, Menjaga Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Perda 10/2013

"Sebelum saya buat surat keterangan pernikahan, dia (istri sirinya, red) terlebih dulu saya suruh membuat surat pernyataaan yang isinya bahwa sudah berstatus janda, yang masih dalam proses perceraian dengan suami sahnya," jelasnya.

Terkait hal ini, Kades Mindu Gading, Sri Susilowati, SP menjelaskan bahwa, saat ini pihaknya masih melakukan pencatatan  perkara tersebut untuk ditindaklanjuti sesuai dengan regulasi.

Tentunya pemdes setempat akan melakukan proses sesuai dengan aturan atau regulasi yang ada, lantaran pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa tidak bisa dilakukan serta merta. 

"Ada tahapan-tahapannya mas, tahapan itu harus sesuai Perbup Sidoarjo Nomor 55 Tahun 2016," tegasnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU