Responsivitas Mesin, Mitsubishi Mirage Kalahkan Porsche 718 Cayman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 11:10 WIB

Responsivitas Mesin, Mitsubishi Mirage Kalahkan Porsche 718 Cayman

i

Kolase foto - Mitsubishi Mirage (atas), dan Porsche 718 Cayman (bawah). SP/Mitsubishi/Porsche

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Mobil ekonomis Mitsubishi Mirage berhasil mengalahkan mobil sport Porsche 718 Cayman T dalam hal responsivitas mesin. Hasil tersebut berasal dari studi baru yang dilakukan Car and Driver yang membandingkan waktu 0-60 mph (0-96 km/jam) sebuah kendaraan dengan kinerjanya dalam tes 5-60 mph (8 hingga 96 km/jam), mengutip laman Carscoops, Minggu (26/05/2024).

Dimulai dari mulai merekam metrik akselerasi yang terakhir sebagai upaya untuk mereplikasi dengan lebih baik apa yang mungkin dialami oleh pemilik saat berakselerasi di dunia nyata.

Baca Juga: Tampil Beda, Isuzu MU-X Terbaru Lebih Segar dan Sporty

Yakni, di mana orang cenderung tidak menggunakan kontrol peluncuran atau bahkan menyalakan mesin mereka sebelum menginjak pedal gas dan lepas landas dari lampu hijau.

Lantas, sebuah tren mengejutkan muncul, saat melihat hasil dari uji coba 0-60 dan 5-60. Mereka menemukan bahwa banyak kendaraan yang sebenarnya lebih lambat saat melaju daripada saat berhenti.

Diketahui, dari performa terburuk yang dikendarai adalah Porsche 718 Cayman T manual 2020, yang berhasil mencapai kecepatan jalan raya hanya dalam 4,4 detik saat berhenti, tetapi membutuhkan waktu dua detik lebih lama (6,4 detik) untuk mencapai kecepatan yang sama dari kecepatan 5 mph.

Baca Juga: Kontribusi Penjualan Daihatsu Kantongi 76 Ribu Unit, Didominasi Sigra

Yang lebih mengejutkan lagi, Porsche bukanlah satu-satunya kendaraan sporty yang memiliki performa lebih buruk saat start dari posisi diam. BMW M235i xDrive Gran Coupe 2020 (+1,8 detik) dan Porsche Cayenne Coupe Turbo GT 2024 (+1,7 detik) termasuk di antara kendaraan yang paling melambat dalam tes 5-60.

Sementara itu, kendaraan ekonomis, seperti Mitsubishi Mirage memiliki performa terbaik di sini. Meskipun mobil kecil ini hanya dapat mencapai 60 mph dalam 12,8 detik dari posisi berhenti, ia berhasil mencapai kecepatan tersebut 0,1 detik lebih cepat pada putaran 5-60 mph (12,7).

Baca Juga: Kawasaki Bocorkan Warna Baru Z900RS dan Z900RS Cafe Bergaya Retro

Meskipun turbo lag tampaknya merupakan penjelasan yang baik untuk apa yang terjadi di sini, Car and Driver memperingatkan bahwa ada beberapa faktor yang rumit dalam apa yang mereka sebut sebagai tes responsif powertrain.

Jumlah mobil berperforma dalam daftar kendaraan yang “paling tidak responsif” mungkin juga berkaitan dengan fakta bahwa kontrol peluncuran dan teknologi lainnya secara tegas ditujukan untuk meningkatkan waktu 0-60 kendaraan - bukan waktu 5-60 mph. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU