Lantik Pengurus Baru IKBA, Untag Surabaya Terima 1 Unit Ambulans Khusus Covid19

SurabayaPagi, Surabaya - Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., secara langsung meresmikan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, pada Rabu (4/8/2021).
 
Setelah membacakan Ikrar, Ketua baru IKBA Untag Surabaya, Dr. H. Siswanto, S.Sos, MM., dan sejumlah alumni resmi menjadi Pengurus Pusat IKBA Untag Surabaya periode 2021-2025. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, Drs. Ec. Mangapul Silalahi, MM beserta jajarannya dan Rektor Untag Surabaya beserta jajarannya.
 
Menghindari penyebaran COVID-19, pelantikan terlaksana secara luring (offline) maupun daring (online). Untuk kegiatan yang berlangsung secara offline bertempat di Gedung Graha Widya lantai 2 Untag Surabaya. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat dengan tiap tamu undangan yang hadir diwajibkan untuk melakukan tes swab terlebih dahulu.
 
“Selamat kepada pengurus IKBA Untag Surabaya. Mari saling bersinergi untuk membangun Untag Surabaya, bangsa dan negara melalui pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Prof. Nugroho dalam sambutannya. Ia berpesan, agar pengurus terpilih mampu bekerja dengan ikhlas dalam memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Ketua YPTA Surabaya, Drs. Ec. Mangapul Silalahi, MM turut memberikan apresiasi. “Saya sangat membanggakan dan mengapresiasi, karena tujuannya mulia. Tidak banyak yang mau menjadi pengurus sebuah lembaga selain karena rasa tanggung jawab dan ingin memberikan kontribusi lebih,” ujarnya.
 
Baru dilantik, sejumlah rencana telah dicanangkan oleh Siswanto. Salah satunya, menyikapi kondisi pandemi COVID-19, pengurus Pusat IKBA Untag Surabaya mendonasikan satu unit mobil ambulans khusus COVID-19. 
 
Hibah ambulans ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh Untag Surabaya, masyarakat sekitar hingga Surabaya Raya. “Bantuan ini diberikan karena makin sulitnya mencari ambulans. Ibu, teman, sahabat saya juga sempat mengalami kesulitan mencari ambulans,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan, secara bertahap kepengurusan baru akan mengaktifkan kembali departemen yang ada di kepengurusan. Misalnya, akan dilakukan kerjasama dengan berbagai UMKM dan perusahaan. 
 
Hal ini menjembatani link and match bidang kerjasama Untag Surabaya dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Selain itu, dibidang Entrepreneur berencana membuka usaha café, restauran hingga guest house yang nantinya diharapkan mampu membantu akomodasi mahasiswa.
 
“Diharapkan bahwa adanya kepengurusan baru, semua tim bisa kerja bahu membahu agar nyata bekerja di lapangan dengan pengabdian masyarakat, seperti COVID-19 ini, kita berikan apa yang bisa kita lakukan untuk meringankan beban masyarakat,” papar Siswanto.
 
Dia juga menambahkan akan segera membentuk pengurus wilayah hingga pengurus wilayah cabang sehingga nantinya IKBA Untag Surabaya ada di seluruh wilayah Indonesia.