Minum Kopi Selepas Bangun Tidur Picu Stress dan Rasa Cemas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Apr 2021 09:59 WIB

Minum Kopi Selepas Bangun Tidur Picu Stress dan Rasa Cemas

i

Minuman Kopi/ SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kopi sudah jadi minuman pertama yang dinikmati selepas bangun tidur agar tubuh tidak merasa Lelah dan terbangun. Namun ternyata kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan tidak direkomendasikan oleh para ahli.

Saat minum kopi di pagi hari untuk mencegah ngantuk dan lelah, itu juga keliru. Secara teknis, tingkat kortisol tubuh di pagi hari paling tinggi antara 38 hingga 70 persen. Jika meminum kopi di pagi hari selepas tidur justru malah bisa meningkatkan stress dan kecemasan.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Hal tersebut di utarakan dalam Kelas Master Global Wellness Summit yang berfokus pada ilmu tidur, pakar tidur dan psikolog klinis Michael Breus membahas tentang pentingnya minum secangkir air putih, bukan secangkir kopi, setelah bangun tidur. Alasannya bukan hanya karena air sangat baik, namun tidur itu sendiri peristiwa dehidrasi. Jadi ketika bangun tidur, air putih lah yang bisa mengembalikan hidrasi tubuh.

“Kita kehilangan hampir satu liter air setiap malam, jadi kita bangun dengan dehidrasi. Sayangnya banyak orang suka mengambil secangkir kopi sebagai cairan pertama yang masuk ke dalam tubuh mereka,” kata Michael Breus, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

“Ingat teman-teman, kafein bersifat diuretik, membuat Anda ingin buang air kecil. Jadi, bukan ide yang baik untuk melakukan itu,” tambah dia.

Oleh karenanya, Dr Breus menyarankan sebelum minum kopi alangkah baiknya minum dua gelas air putih terlebuh dahulu, setelah itu baru boleh minum kopi.

Baca Juga: Ahli: Waktu Minum Kopi yang Pas Ketika Bulan Ramadhan

“Jika Anda merasa air putih itu minuman yang membosankan dan tidak enak, Anda bisa menambahkan air putih dengan perasan lemon untuk tambahan vitamin C. Setelah itu Anda baru bisa menyeduh kopi,” kata dr Breus. Dsy4

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU