Polresta Sidoarjo Bangun Pos Pelayanan Nataru Nuansa Go Green

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Kampanye peduli lingkungan digalakkan Polresta Sidoarjo. Salah satunya diimplementasikan dalam membangun Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Dalam membangun pos itu, yakni dengan konsep Go Green diangkat Polresta Sidoarjo pada pembangunan Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bundaran Perumahan Taman Pinang Indah (TPI), Sidoarjo.
Bahkan Pos Pelayanan berukuran 16 X 6 meter itu dibangun dengan nuasa tradisional. Bahan yang digunakan, hiasan dan perlengkapannya, semua ramah lingkungan. Diantaranya dinding pos polisi itu berlapis anyaman bambu. Demikian pula plafon atau atapnya. Lantainya juga dari kayu.
Selain itu, meja dan kursi juga semua kayu. Beberapa kursi bahkan dari tanah liat. Termasuk tempat minum, seperti kendi, gelas (cangkir) dan lainnya.
"Pos Pelayanan ini berkonsep Go Green. Tidak ada bahan plastik di pos pelayanan ini. Karena konsepnya go green itu," kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Senin (23/12/2019).
Selain itu, kata Alumni Akpol 1997 ini, nuansa hijau juga terlihat di sekeliling pos. Bagian depan terdapat tanaman bunga. Sementara beberapa ruangan, juga berhias sejumlah tanaman dan bunga. Hal ini bakal menambah kesan hijau.
"Selain untuk memberikan rasa nyaman dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, Pos Pelayanan berkonsep hijau ini juga ikut kampanye mengajak masyarakat agar selalu peduli lingkungan. Hal ini diwujudkan melalui salah satu aktivitas unik. Yakni disiapkan loket khusus untuk penukaran 10 botol plastik bekas yg dapat ditukar masyarakat dengan sebuah thumbler," tegasnya.
Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, AKP Eko Iskandar menegaskan konsep Go Green yang diterapkan dalam Pos Polisi di Sidoarjo ini juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang getol mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan itu. Bahkan, Pos Pelayanan di sebelah Bundaran Taman Pinang Indah ini terbagi dalam tiga ruangan. Yakni paling kiri merupakan ruang santai dengan konsep terbuka. Sehingga penerangan dan udara dari luar langsung masuk.
"Petugas bisa memanfaatkan untuk memantau arus lalu lintas. Masyarakat juga bisa menggunakannya untuk tempat bersantai atau beristirahat," paparnya.
AKP Eko Iskandar menguraikan ruang bagian tengah merupakan ruang pelayanan, ruang tamu, ruang kesehatan, ruang pijat dan tempat bermain anak. Sedangkan bagian paling kanan, merupakan rang informasi, ruang CCTV, tempat petugas piket, mushola dan tempat istirahat petugas.
"Semua ruangan dilengkapi dengan wifi gratis. Masyarakat kami persilahkan untuk memanfaatkan pos pelayanan ini. Sekedar beristirahat atau untuk mencari informasi seputar lalu lintas dan berbagai hal terkait Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," tandasnya. sg