Besok, Pendaftaran PPDB SMKN Jalur Zonasi di Jatim Dibuka

surabayapagi.com
PPDB SMK negeri tahun ini membuka jalur baru yakni jalur zonasi. Pendaftaran online PPDB SMK Negeri jalur zonasi dibuka mulai 24 Mei 2021 hingga 25 Mei 2021. SP/PPDBJATIM.NET

SURABAYAPAGI, Surabaya - Jelang tahun ajaran baru Juli mendatang, tiap orangtua disibukkan dengan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bagi masyarakat yang berdomisili di Jawa Timur,

PPDB SMK negeri tahun ini membuka jalur baru yakni jalur zonasi. Pendaftaran online PPDB SMK Negeri jalur zonasi dibuka mulai 24 Mei 2021 pukul 01.00 WIB di portal ppdbjatim.net selama dua hari hingga 25 Mei 2021 pukul 23.59 WIB.

Baca juga: PPDB 2024 , Dindik Surabaya Terapkan Aturan Baru Jalur Zonasi

Tahun lalu tidak ada zonasi di SMK. Maka tahun ini diberlakukan zonasi yang kuotanya sebanyak 10 persen sebagai penerapan Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang PPDB.

 “Untuk 2021 ini ada jalur zonasi. Kuotanya sebanyak 10 persen maksimal. Sehingga yang jalur prestasi akademik semakin besar yaitu 65 persen. Afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua sama dengan SMA,” kata Kepala Dindik Jatim Wahid Wahyudi.

Wahid juga menjelaskan tentang surat keterangan domisili pada 2021 diperketat. Surat hanya diberikan pada kondisi tertentu, yakni apabila kena bencana alam lalu bencana sosial seperti pengungsi dari Sampang.

“Covid-19 tidak termasuk bencana alam dan sosial, tapi termasuk bencana non alam. Bencana non alam tidak termasuk perpindahan tugas orang tua,” ungkapnya.

Baca juga: Dinas Pendidikan Jatim Lakukan Optimalisasi Pengelolaan Keuangan

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Alfian Majdi menjelaskan, untuk pendaftaran jalur zonasi SMK ini, calon siswa SMK bisa login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan NISN dan PIN pada 24-25 Mei 2021. 

"Pilih paling banyak tiga Kompetensi Keahlian dalam 1 sekolah atau sekolah yang berbeda, dalam zona dan/atau luar zona. Lalu, mengunduh bukti pendaftaran,"urainya.

Penilaian tahap zonasi ini dilihat dari jarak titik rumah yang diambil saat pengajun PIN, usia calon siswa dan juga waktu pendaftaran.

Baca juga: Dispendik Jatim Sosialisasikan PPDB SMA/SMK 2024/2025

"Setelah jalur Zonasi SMK, maka tersisa PPDB Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMK) yang dibuka mulai  31 Mei 2021 sampai 2 Juni 2021 (01.00 – 23.59 WIB),"kata Alfian.

Penilaian pada jalur terakhir PPDB SMK negeri ini akan melihat nilai akhir rapor yang diisi saat mendaftar akun di ppdbjatim.net. serta waktu pendaftaran.tn/na

Editor : Mariana Setiawati

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru