Ratusan Mahasiswa IMM Demo Tolak Pengeboran Gas di Sidoarjo

surabayapagi.com

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Sekitar seratus lebih mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sidoarjo menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Sidoarjo, Selasa (12/4/2022). 

Perwakilan massa dari Bidang Hikmah Politik dan Kebijakan Publik PC IMM Sidoarjo M Bakti Dede Satriaji mengatakan mereka  demo untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa menolak perpanjangan masa jabatan presiden hingga 3 periode. Kemudian memprotes kenaikan BBM, minyak goreng dan menolak penundaan pemilu.

Baca juga: MK tak Utak-atik Keabsahan Gibran, Nitizen Koar-koar

Mereka juga menyampaikan isu lokal terkait titik baru pengeboran minyak dan gas di dua desa di Kecamatan Tanggulangin. Hal ini menyebabkan desa tersebut mengalami penurunan tanah. Oleh karena itu, para mahasiswa meminta Pemkab Sidoarjo menghentikan pengeboran dan mencabut izinnya.

Ketua DPRD Sidoarjo, M Usman mengatakan, ada sejumlah isu nasional dari aspirasi mahasiswa Sidoarjo terkait masalah BBM, kelangkaan migor, perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu. "Dari semua isu tersebut kami hanya menerima aspirasinya, yang memutuskan adalah instansi terkait di tingkat pusat. Kami mengapresiasi teman mahasiswa. Gerakan harus dimulai dari bawah dengan cara diselesaikan secara bersama-sama," kata Usman di depan para pendemo, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Didaulat Jadi Ketua Pemuda LIRA Sidoarjo, Fahmi Rosyidi Siap Dukung Program Pemerintah

"Kami terima aspirasi mahasiswa dan akan kami sampaikan ke pusat. Kelangkaan-kelangkaan BBM, kelangkaan migor akan Kementerian Perdagangan, sementara tiga periode akan kami sampaikan ke DPR RI," jelas Usman.

Demo mahasiswa IMM berjalan damai dan mereka bubar setelah ditemui pimpinan DPRD Sidoarjo dan sejumlah anggota. sg

Baca juga: Jaga Kekompakan, AJS Gelar Halal Bihalal

 

Editor : Moch Ilham

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru