Andre Taulany dan Grup Stinky Disomasi, Dilarang Bawakan Lagu 'Mungkinkah', Kenapa?

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jan 2024 13:58 WIB

Andre Taulany dan Grup Stinky Disomasi, Dilarang Bawakan Lagu 'Mungkinkah', Kenapa?

i

Andre Taulany, SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Baru-baru ini, pelawak Andre Taulany dan grup musik Stinky disomasi oleh Ndhank Surahman Hartono yang merupakan mantan personel band tersebut. Keduanya pun dilarang membawakan lagu Mungkinkah yang diciptakan oleh Ndhank Surahman Hartono.

Diketahui, somasi itu diungkapkan oleh Ndhank Surahman Hartono melalui akun Instagram pribadinya. Selain lagu Mungkinkah, mantan gitaris dari grup band Stinky itu juga melarang Andre Taulany dan Stinky untuk membawakan beberapa lagu lainnya.

Baca Juga: Reza Arap Habiskan Hampir Rp 500 Juta Semalam Buat Party, Netizen: Mending Sedekah ke Panti Asuhan

"Selamat sore saya Ndhank Surahman Hartono hari ini tanggal 30 Desember 2023 saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak bahwa mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya saya seperti Mungkinkah, Jangan Tutup Dirimu dan lain-lain sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Ndhank Surahman Hartono, Senin (01/01/2024).

Ndhank mengatakan, ia melarang Andre Taulany dan Stinky membawakan lagu tersebut sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Hal itu ia lakukan karena Ndhank merasa punya hak eksklusif sebagai pencipta lagu, sesuai dengan UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014. 

Selain menyentil Andre, ia juga menyebut nama Irwan Batara yang juga ikut andil dalam penciptaan lagu Mungkinkah. Menurut Ndhank Surahman Hartono, Irwan Batara hanya boleh membawakan lagu di bagian yang ia ciptakan saja yang berada pada akhir lagu. 

Baca Juga: Pulih dari Stevens-Johnson Syndrome, Kartika Putri: Kita Harus Selalu Happy dan Berprasangka Baik

"Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu Mungkinkah silakan membawakan sesuai dengan part-nya, yang berada pada ending lagu, yang isinya kau 'kusayang selalu kujaga, bla, bla, bla'," ujar Ndhank Surahman Hartono.

Di akhir, Ndhank bersama kuasa hukumnya akan melaporkan hal ini ke Polda Metro Jaya.

"Untuk diketahui banyak pihak terutama penyelenggaraan event dan lain-lain. Setelah video somasi ini saya buat dan saya tayangkan, saya dan kuasa hukum saya akan lanjut melaporkan pelarangan penggunaan lagu-lagu karya saya oleh Stinky dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya", tutur Ndhank Surahman.

Baca Juga: Warga Dukuh Kupang Digegerkan Penemuan Jenazah Bayi Perempuan Terbungkus Kresek Hitam

Sebagai informasi, lagu “Mungkinkah” dipopulerkan grup Stinky pada 1997. Ini adalah debut mereka mengarah ke pop melayu. Andre adalah vokalis pertama Stinky dari 1992 hingga 2007. 

Setelah Andre keluar, posisi vokalis sempat digantikan berturut-turut oleh Ary dan Dona Amelia. Andre sempat kembali ke Stinky, tetapi ia akhirnya keluar lagi. Kini, personel Stinky adalah Irwan Batara, Edy Suryo Triputranto, Helman Maulana, Rendra Marta Wijaya. jk-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU