Pengangkatan Pj Desa Bukabu, Camat Ambunten Diduga 'Masuk Angin'

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jan 2024 16:59 WIB

Pengangkatan Pj Desa Bukabu, Camat Ambunten Diduga 'Masuk Angin'

i

Tokoh pemuda, didampingi BPD Desa Bukabu, saat berkirim surat ke Bupati Kab. Sumenep, malalui Setda pemerintah Kab. Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Keberadaan PJ. Kepala Desa Bukabu' terus mendapat desakan warga, meluruk kantor kecamatan Ambunten dan berkirim surat ke Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH.

Tidak hanya itu, surat tembusan dikirim kepada, Camat Ambunten, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMD) Kab. Sumenep dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bukabu.

Baca Juga: Pengamat Politik Asal Sumenep, Apresiasi Putusan DKPP untuk KPU RI

Surat dengan nomor, 032/XII/2023 itu dilayangkan pada tanggal 18 Desember  2023 setelah penetapan PJ. Desa Bukabu diberikan kepada Nanik Suhartatik, S.Sos.

Adapun isi surat, meminta kepada Bupati Sumenep untuk menunjuk pemimpin pemerintah Desa Bukabu adalah orang yang memiliki integritas dan berpengalaman di bidang pemerintahan termasuk putra daerah di Desa Bukabu.

Selain itu juga, warga Desa Bukabu, atas dasar pertimbangan dan ketentuan di atas, maka kami Forum Aliansi Tokoh dan Pemuda  Desa Bukabu mengusulkan, Bapak ABDUR RAFIK, sebagai Pegawai Negeri Sipil  (PNS) yang bertugas di Kec. Ambunten, yang juga asli Desa Bukabu.

Namun, permohonan pemuda dan tokoh masyarakat Desa Bukabu itu tidak diindahkan oleh  Camat Ambunten dan Bupati Kab. Sumenep, sehingga muncul dugaan camat Ambunten masuk angin.

Pasca ditetapkannya Pj. Kepala Desa Bukabu atas nama Nanik Suhartatik, S.Sos pada tanggal 15 Desember 2023, sementara desakan dan pengajuan warga Desa Bukabu mulai bergejolak saat mengetahui, jika Pj. Itu tidak diambil dari warga putra daerah desa Bukabu yang ada di kecamatan Ambunten.

Baca Juga: Direktur PT Sinar Megah Indah Perkasa di Sumenep Jadi DPO Polda Jatim

Mengatasnamakan aliansi pemuda dan tokoh Masyarakat tetap meminta pihak kecamatan agar bersikap kooperatif terhadap kebijakan dalam melakukan penetapan Pj. Kepala Desa Bukabu.

Bahkan, tokoh Pemuda dan warga Desa Bukabu, tetap menolak penetapan Pj. Kepala Desa diberikan kepada Nanik Suhartatik, S.Sos oleh Camat Ambunten.

Dikatakan, pemuda dan tokoh warga asal Bukabu' penetapan Pj. Kepala Desa Bukabu oleh Camat Ambunten diduga adanya intervensi dari pihak dalam. Pungkasnya

Untuk diketahui, Berdasarkan surat keputusan Bupati  Kab. Sumenep, dengan, No : 188/485/ KEP /435. 012/ 2019, tentang pengesahan dan pengangkatan saudara Satrawi, sebagai kepala Desa Bukabu Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep tertanggal 02 Desember 2019

Baca Juga: Ciptakan Masyarakat Kondusif Jelang Pemilu, para Tim Relawan Gelar Materi Kebersamaan

Namun, jabatan Kepala Desa masih berlangsung,  Kepala Desa Bukabu, tutup usia tepatnya pada Hari Senin Tgl 13 November 2023.

Sementara Camat Ambunten, Suryadi Irawan, S.IP. MM, telah menetapkan Pj. Kepala Desa Bukabu melalui SK Bupati Kab. Sumenep, tertanggal 15 Desember 2023 kepada Nanik Suhartatik S.Sos,

Saat dikonfirmasi media ini, Camat mengajak untuk membahas masalah tersebut dikantor tidak melalui saluran Hp. ataupun Whatsapp. "Ketemu di darat saja mas" pungkasnya. AR

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU