Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, KPU Jember Libatkan Pemilih Disabilitas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 31 Jan 2024 19:52 WIB

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, KPU Jember Libatkan Pemilih Disabilitas

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember melibatkan pemilih disabilitas dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2024 di area Kampus Universitas Jember, Jawa Timur, Rabu (31/1).

Dalam simulasi tersebut, petugas membantu pemilih yang menggunakan kursi roda dan seorang disabilitas netra yang akan menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga: Pengurus DPC Jember Tuntut Try Sandi Dipecat dari Partai Demokrat

"Dalam kegiatan simulasi itu, kami ingin menyampaikan bahwa proses simulasi itu riil yang akan dilakukan pemilih saat pemungutan suara di TPS, baik itu tata cara maupun prosedurnya," kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in setelah membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Menurutnya, pihak penyelenggara pemilu yakni kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) akan menyediakan template untuk pemilih disabilitas netra yang akan menyalurkan hak pilihnya saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

"Template yang disediakan hanya terbatas untuk surat suara pemilihan presiden-wakil presiden dan DPD, sedangkan untuk pemilihan DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD tidak tersedia," tuturnya.

Baca Juga: Cek Mikrofon, Anggota PPS di Jember Tewas Tersengat Listrik

Untuk mengatasi kendala itu, lanjut dia, apabila pemilih disabilitas netra kesulitan untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan DPR RI, DPRD Jatim dan DPRD Kabupaten Jember maka bisa menggunakan pendamping.

"Pendamping yang bersangkutan bisa berasal dari keluarga atau petugas, namun mereka yang akan menjadi pendamping harus mengisi formulir sebagai pendamping sebelum pemilih disabilitas menyalurkan hak pilihnya di dalam bilik suara," katanya.

Baca Juga: Ratusan Napi di Jember Nyoblos di TPS Khusus

Syai'in menjelaskan solusi tersebut bisa menjadi pilihan bagi pemilih disabilitas netra dan yang bisa menjadi pendamping adalah orang yang dapat dipercaya pemilih disabilitas tersebut baik keluarga atau petugas KPPS.

Untuk pemilih disabilitas lainnya yang menggunakan kursi roda, petugas juga membantu pemilih untuk menuju beberapa meja administrasi dan bilik suara, namun petugas harus menjauh dari pemilih disabilitas saat yang bersangkutan mencoblos surat suara di dalam bilik suara. Jb-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU