KBS Kedatangan Satwa Baru, Siap Sambut Pengunjung di Libur Lebaran

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Senin, 08 Apr 2024 11:05 WIB

KBS Kedatangan Satwa Baru, Siap Sambut Pengunjung di Libur Lebaran

i

Libur lebaran, KBS kedatangan satwa baru yang saat ini masih dalam masa karantina. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) telah menyiapkan kejutan besar untuk menyambut libur Idul Fitri 1445 H/2024 M atau lebaran tahun ini. Dibandingkan dengan tahun lalu, pada liburan lebaran kali ini KBS telah bersiap untuk menyajikan kejutan bagi para pengunjung.

Menurut Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi, persiapan telah dilakukan dengan matang, termasuk dalam hal kesehatan dan keamanan binatang, serta atraksi menarik yang akan diperkenalkan kepada pengunjung.

Baca Juga: Ngabuburit di 'Kebon Ramadhan' KBS: Berburu Jajanan Takjil hingga Sembako BULOG

"Kami telah menyiapkan segalanya, termasuk keamanan dan atraksi menarik, termasuk juga beberapa satwa baru yang akan menjadi kejutan bagi pengunjung," kata Lintang, Surabaya, Senin (08/04/2024).

Lintang mengisyaratkan bahwa ada beberapa satwa baru yang akan diperkenalkan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. "Dan yg lebih spesial lagi si kembar Bima dan dona akan menyapa pengunjung juga dengan lebih dekat," ungkapnya.

Namun, ia enggan menyebutkan detail jenis satwa apa saja yang nantinya sebagai penghuni baru Kebun Binatang tersebut. "Rencana nanti lebaran (dikenalkan). Rahasia, biar kejutan. (Saat ini) masih dalam pengawasan karena satwa yang datang harus kita karantina dulu untuk dipastikan kesehatannya, stress enggak dan lingkungan disesuaikan dahulu," terang Lintang.

Lanjut Lintang, bahwa pengunjung saat lebaran tidak dibatasi. Tetapi dipastikan kondisi KBS kondusif tidak ada penumpukan secara signifikan.

Ia juga memprediksikan puluhan ribu pengunjung akan memadati KBS sejak lebaran hari pertama.

"InsyaAllah, rata-rata mencapai 60-70 ribu pengunjung tiap harinya," imbuhnya.

Baca Juga: Jelajahi Kebun Binatang Surabaya, Anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat Beri Nilai B

Sementara untuk jam operasional, KBS masih sama seperti hari-hari diluar libur lebaran. "Masih sama, setiap hari buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi saat hari H lebaran akan sedikit molor karena para petugas mayoritas menunaikan ibadah sholat Idul Fitri terlebih dahulu," tutur Lintang.

Selain itu, KBS juga memastikan kelancaran kunjungan pengunjung dengan mengatur parkir kendaraan secara terorganisir. Lintang menekankan pentingnya kerjasama pengunjung dalam mengatasi praktik pemalakan parkir liar dengan menyertakan bukti foto dan identitas diri untuk membantu proses penindakan.

"Jadi misalkan, ada terjadi pemalakan silakan difoto kemudian lengkapi KTP anda, kami akan bantu proses preman (atau jukir liar) tersebut sehingga kita bisa laporkan ke pihak terkait," ujarnya.

Lintang menjelaskan alasan pelapor harus menyertakan KTP, agar laporan tersebut dapat dipertanggungjawabkan, tidak asal melaporkan dengan melakukan tuduhan yang tidak jelas.

Baca Juga: Masuk Kebun Binatang Surabaya, Bisa Bayar Pakai QRIS

Dalam hal keamanan, KBS bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Koramil, Polsek, Dishub, petugas kebersihan, Pramuka, dan Satpol PP untuk memastikan ketertiban dan keamanan pengunjung.

Namun, Lintang juga mengingatkan pengunjung untuk tetap waspada dan menjaga barang berharga, serta menjaga kebersihan area KBS, terutama terkait dengan pembuangan sampah plastik yang dapat mengganggu kesehatan satwa.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengunjung yakni terkait sampah plastik dipastikan harus dibuang dengan benar, jangan sampai masuk area satwa.

"Ketika sampah terbang (kena angin), ke tempat makanan satwa, mereka tidak bisa membedakan apakah itu makanannya atau bukan. Khawatirnya kemakan dan menganggu kesehatan satwa. Oleh karena itu, kami sudah perbanyak tempat sampah," pungkasnya. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU