Para Mafia Tanah Bermain Banyak Peran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Apr 2024 20:00 WIB

Para Mafia Tanah Bermain Banyak Peran

i

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat memberikan sertifkat tanah kepada warga hasil dari konsolidasi gempa Cianjur.

Tegas AHY, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional

 

Baca Juga: Artis Nirina Ajak Publik Gebuk Mafia Tanah

SURABAYAPAGI.COM, Bogor - Menurut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dalang dibalik mafia tanah merupakan orang-orang yang intelektual.

Para mafia tanah ini bermain banyak peran. Ada yang berperan untuk memalsukan sertifikat tanah, ada pula yang seolah-olah menjadi pemilik lahan.

"Mafia-mafia tanah ini bukan orang sembarangan. Mereka punya kecerdasan intelektual tetapi digunakan untuk kejahatan di bidang pertahanan. Tidak bisa kita biarkan," ungkap AHY saat ditemui di Ciawi, Bogor, Senin (22/4/2024). Ia prihatin , masih banyaknya masyarakat yang menjadi korban mafia tanah.

Terkait dengan praktik-praktik mafia tanah, AHY janji terus  dijadikan sebagai upaya yang serius. Ini karena banyak sekali korbannya dan mengerikan sekaligus juga ya tidak berperikemanusiaan.

Oleh sebab itu, dia memprioritaskan untuk mengatasi persoalan tersebut. Dia menekankan, pihaknya tidak akan memandang bulu bagi mafia tanah.

Di sisi lain, dia juga memastikan agar jajarannya tidak ikut terseret dalam permasalahan mafia tanah.

Baca Juga: Bersyukur Bergabung dan Dukung Prabowo, AHY: Coba Masih di Tempat yang Lama, Hancur Lebur Betul

 

Masalah Tanah Ekonomi-Sosial

"Semua punya hak dan punya punya harapan untuk mendapatkan keadilan negeri ini. Jadi itu, yang kita ingin yakinkan bagaimana urusan pertanahan ini bukan hanya masalah ekonomi, tapi juga masyarakat sosial masalah harga diri kehormatan dan lain sebagainya," imbuhnya.

 

Baca Juga: Gebuk Mafia Tanah dalam 8 Bulan

Tumpang Tindih Mafia Tanah

Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono  membeberkan persoalan tanah yang sering terjadi di Indonesia. Di antaranya, tumpang tindih dan mafia tanah.

Menjelang 100 harinya menjadi menteri, AHY mengakui memang banyak sekali permasalahan di tengah masyarakat yang berkaitan dengan isu pertanahan. Seperti diketahui, dalam program 100 hari kerja pertamanya sebagai menteri, AHY berfokus pada isu-isu pertanahan yang menjadi prioritasnya, memberantas mafia tanah dan tumpang tindih tanah. n ec/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU