Gapoktan di Trenggalek Bagikan Ribuan Liter POC Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Apr 2024 19:32 WIB

Gapoktan di Trenggalek Bagikan Ribuan Liter POC Gratis

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Bertepatan pada Hari Bumi Sedunia2024, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sedono Makmur, Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, membagikan ribuan liter pupuk organik cair (POC), Senin (22/4/2024).

Antusiasme petani untuk mendapatkan POC racikan Suparno, Ketua Gapoktan Sedono Makmur, sangat tinggi.

Baca Juga: Pemkab Trenggalek Dapat Bantuan Instalasi Air Bersih di 60 Titik

Jeriken petani mengular di lapangan desa setempat, demi mendapatkan pupuk tersebut.

"Hari ini kita bagikan POC ke petani, baik untuk petani Desa Wonoanti maupun petani dari kecamatan dan kabupaten tetangga yang datang ke sini," kata Suparno, Senin (22/4/2024).

Salah satu cita-cita Suparno adalah agar petani tidak ketergantungan pada pupuk subsidi ataupun pupuk kimia.

Selain merusak tanah dan ekosistem sawah, saat ini jumlah pupuk subsidi terus dikurangi oleh pemerintah, sedangkan pupuk kimia non subsidi mahal.

"Hari ini kita bagikan 2 ribu liter POC. Bahan bakunya kita dapatkan dari tanaman di sekitar kita, mulai dari buah mojo, gadung, empon-empon, mengkudu, dan lainnya," lanjut Suparno.

Setiap petani dibagikan 5 liter POC yang menurutnya cukup untuk satu kali masa tanam.

Baca Juga: Program PTSL Sasar 14 Desa di Trenggalek

Dalam satu kali racikan, 200 mililiter POC tersebut dicampurkan ke 16 liter air, lalu diaplikasikan mulai dari sebelum tanam, seminggu setelah tanam, dan menjelang panen.

Suparno mengklaim, setiap 100 meter persegi sawah yang menggunakan POC miliknya, bisa menghasilkan gabah hingga 1 ton.

"Di Desa Wonoanti sendiri lebih kurang 25 hektare sawah sudah mengaplikasikan POC tanpa campuran pupuk kimia sama sekali," tambahnya.

Sementara itu, menurut PPL Wilayah Binaan Desa Wonoanti, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Hernawan Widyatmiko menilai, penggunaan POC merupakan salah satu kontribusi petani dalam memelihara Bumi.

Baca Juga: 4 Titik yang Tertimbun Longsor di Trenggalek Dibuka

Selain itu, penggunaan POC juga merupakan konsep dasar untuk menuju pertanian sehat. 

"POC ini salah satu konsep menjaga Bumi yang bahan bakunya diperoleh dari sekitar, lalu diolah menggunakan proses fermentasi dari bahan organik menjadi pupuk," ucap Hernawan.

Selain lebih ramah lingkungan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas hasil panen, penggunaan POC juga dapat memangkas biaya produksi. Tr-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU