Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti, Jokowi Senang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Apr 2024 21:08 WIB

Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti, Jokowi Senang

i

Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan di Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak berat akibat gempa 6,2 Magnitudo, Selasa (23/4/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Jokowi, senang dengan putusan MK yang menolak permohonan paslon 01 dan 03. Meski sedang meninjau peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Infrastruktur Pascabencana dan Jalan IJD Sulawesi Barat, ayah Gibran, masih komentari putusan MK.

Jokowi menyatakan tuduhan-tuduhan yang diberikan padanya tidak terbukti, termasuk dugaan politisasi bansos untuk memenangkan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024. Maklum, Jokowi dan Gibran memang punya hubungan ayah dan anak kandung.

Baca Juga: Jokowi-Mega, Hanya Relasi Politik

"Pertimbangan hukum dari putusan MK juga menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan kepada pemerintah, seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah, telah dinyatakan tidak terbukti. Ini yang penting bagi pemerintah," papar Jokowi, setelah setelah meninjau Peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Infrastruktur Pascabencana dan Jalan IJD Sulawesi Barat, Selasa (23/4/2024).

Jokowi juga menilai saat ini merupakan waktunya agar masyarakat Indonesia bersatu. Pasalnya, faktor eksternal geopolitik betul-betul menekan ke semua negara. "Saatnya bersatu, bekerja, membangun negara kita," kata Jokowi.

Jokowi juga menjanjikan pemerintahannya saat ini akan mendukung proses transisi ke pemerintahan baru. "Akan kita siapkan karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU besok ya," janji Jokowi.

Baca Juga: Permendag Tentang Pengaturan Impor akan Direvisi Lagi

Jokowi mengatakan pemerintah menghormati putusan MK yang menolak gugatan sengketa pilpres. Menurutnya, putusan MK itu tidak membuktikan tuduhan negatif kepada pemerintah mulai dari intervensi pemilu hingga politisasi bansos.

"Ya pemerintah menghormati putusan MK yang final dan mengikat dan pertimbangan hukum dari putusan MK yang juga menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan kepada pemerintah seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian apalagi? politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah telah dinyatakan tidak terbukti. Ini yang penting bagi pemerintah ini," kata Jokowi.

Baca Juga: Ramai-ramai Suarakan Jokowi, Jangan Pensiun

Jokowi meminta semua pihak kembali bersatu usai putusan MK ini. Jokowi lalu bicara masalah eksternal yakni geopolitik yang berdampak ke semua negara saat ini.

"Dan menurut saya ini saatnya kita bersatu, karena faktor eksternal, geopolitik betul-betul menekan ke semua negara. Saatnya bersatu, bekerja membangun negara kita," ujarnya. n erc/ jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU