Petani Tebu di Lumajang Merugi, Puluhan Hektar Terjangkit Virus Luka Api

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Jun 2024 13:04 WIB

Petani Tebu di Lumajang Merugi, Puluhan Hektar Terjangkit Virus Luka Api

i

Dahan tanaman tebu yang terjangkit virus luka api akan tampak lebih kecil disertai bercak putih kehitaman, hingga akhirnya kering dan mati. SP/ LMJ

SURABAYAPAGI.com, Lumajang - Petani tebu di Lumajang, Jawa Timur ketar-ketir dan merugi melihat lahan tebunya terjangkit serangan virus luka api pada musim kali ini. Bahkan sudah hampir menjangkiti puluhan hektar lahan.

Salah satu petani tebu di Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung, Budi Susilo mengatakan, hampir semua jenis varietas tebu terserang virus luka api.

Baca Juga: Pemkab Salurkan Ribuan Pupuk ZA ke Petani Tembakau Lumajang

“Di desa Banyuputih Lor saja sudah ada sekitar 15 hektar yang terserang. Hampir semua varietas pasti kena penyakit luka api, tapi yang paling parah jenis Cenning,” bebernya, Jumat (21/06/2024).

Baca Juga: Fenomena ‘Koyo’ di Lumajang, Peternak Ikan Terpaksa Panen Lebih Awal

Akibatnya, jumlah produktivitas panen diprediksi akan turun drastis. Batang pohon tebu yang terjangkit virus akan tampak jauh lebih kecil dibanding ukuran tebu normal.

Selain itu, mayoritas tanaman terserang penyakit juga memiliki bercak putih disertai warna kehitaman hingga akhirnya mengering dan mati.

Baca Juga: Festival Rujak Otek Lumajang, Sukses Pikat Wisatawan Domestik

Sedangkan untuk penyebab serangan virus diketahui cukup beragam, namun utamanya disebabkan karena kesuburan tanah yang sudah sangat jauh di angka normal. lmj-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU