Penggunaan Pewangi Kabin di Mobil Bisa Kurangi Stres saat Mengemudi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 14:46 WIB

Penggunaan Pewangi Kabin di Mobil Bisa Kurangi Stres saat Mengemudi

i

Ilustrasi. Penggunaan parfum atau pewangi kabin di mobil saat mengemudi. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Banyak orang yang menggunakan parfum atau pewangi kabin di dalam mobil. Hal itu tak serta merta hanya untuk pengharum mobil saja. Akan tetapi nyatanya memiliki manfaat positif saat mengemudi.

Salah satunya, adalah aroma lavender, yang bisa menenangkan dan juga kamomil dan vanila dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan saat mengemudi. Pasalnya, penyegar udara mobil memiliki dampak yang signifikan terhadap kenyamanan dan kesehatan pikiran dalam berkendara.

Baca Juga: Kolaborasi Hot Wheels dan Honda, Bikin Diecast Terbatas Legenda Civic EG

"Aroma yang menyenangkan dapat membuat mobil Anda terasa seperti oase pribadi, meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan saat berkendara. Jika Anda mencari relaksasi dan menghilangkan stres saat mengemudi, pertimbangkan untuk menggunakan pengharum ruangan beraroma lavender," ujar Kasandra Putranto, seorang psikolog terkemuka, Jumat (05/07/2024).

Selain itu, menurut penelitian, bahwa indera penciuman kita ternyata sangat kuat dan dapat mengenali ratusan ribu aroma berbeda. Sehingga manusia dapat menangkap aroma melalui saluran neuron penciuman tubuh ke pusat otak yang berfokus pada memori dan emosi, seperti korteks orbitofrontal, amigdala, dan hipokampus. Itu sebabnya aroma mobil bisa memicu ingatan yang kuat.

Baca Juga: Modifikasi SERES E1 'Vision Future', Eksterior dan Interior Makin Garang

"Aroma yang memberi energi seperti jeruk atau peppermint dapat memberikan penambah energi yang sangat dibutuhkan energi selama perjalanan pagi yang grogi. Aromanya yang menyegarkan dapat membantu Anda tetap waspada dan fokus pada jalan di depannya," jelas Kasandra.

Kesimpulannya, aroma dapat memainkan peran penting dalam pengalaman berkendara. Pengharum mobil dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku manusia di jalan.

Baca Juga: Honda Pamer Konsep Sustaina-C dan Pocket, Perdana di ASEAN

Dengan memilih aroma yang selaras dengan kebutuhan emosional tertentu, masyarakat dapat meningkatkan pengalaman berkendara, menjadikannya lebih menyenangkan dan bebas stres.

"Jadi, lain kali Anda masuk ke dalam mobil, pertimbangkan kekuatan aroma dan bagaimana hal itu dapat berdampak positif pada waktu Anda mengemudi," pungkasnya. jk-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU