Herbal Kencur, Atasi Batuk PIlek dan Sariawan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 15 Agu 2021 10:57 WIB

Herbal Kencur, Atasi Batuk PIlek dan Sariawan

i

Kencur. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Beragam herbal banyak dimanfaatkan orang Indonesia dalam pengobatan, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Salah satu obat herbal tersebut adalah kencur.

Rempah satu ini memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan. Kencur dapat mengobati masalah kesehatan batuk dan pilek. Cukup cuci kencur, parut dan tambahkan sedikit air jeruk nipis atau madu.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Cukup dengan mengonsumsi tiga kali sehari sampai gejala batuk dan pilek mereda. Sifat hangat dari kencur dapat membantu meredakan batuk dan pilek.

Salah satu obat mujarab yang alamai bagi penderita sakit kepala adalah dengan menggunakan kencur. Kencur dapat menjadi pilihan alternatif daripada harus mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Selain itu, tidak baik mengonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus kerana dapat menyebabkan efek samping kedepannya, oleh karena itu lebih baik menggunakan ramuan kencur untuk mengatasi sakit kepala.

Sering mengonsumsi ramuan yang berbahan dasar kencur dapat menangkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Misalnya adalah kanker kulit.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Kandungan yang terdapat pada kencur dapat meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu yang mengalir dengan baik memiliki peran penting dalam penyerap makanan dalam tubuh. Jika makanan bisa diserap dengan baik, kadar kolestrol akan berkurang juga.

Kaempferia galangal atau kencur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah sariawan. Caranya hanya dengan meneteskan beberapa ramuan (kencur yang telah diparut dan diberi sedikit air) di permukaan bibir yang terdapat sariawan. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU