Ini Rekomendasi Baju Coverall untuk Pekerja

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Des 2022 10:56 WIB

Ini Rekomendasi Baju Coverall untuk Pekerja

SURABAYAPAGI.COM : Baju coverall safety merupakan baju pelindung yang akan melindungi anda dari berbagai jenis resiko cedera yang ada di lingkungan kerja. Resiko cedera yang paling umum yaitu terkena luka bakar, baik itu dari zat kimia berbahaya, air keras ataupun api. Baju pelindung ini juga dapat melindungi pakaian para pekerja supaya tidak kotor terkena noda seperti minyak, oli, cat dan noda yang lainnya. Baju pelindung digunakan oleh berbagai sector industri mulai dari manufaktur, otomotif, makanan dan minuman, tambang, konstruksi, laboratorium hingga pemadam kebakaran.

Apa itu Baju Coverall?

Baju coverall dari tempat jual wearpack adalah salah satu perlengkapan alat pelindung diri (APD) yang biasanya digunakan oleh tenaga medis, pekerja laboratorium, petugas pemadam kebakaran dan lainnya. Baju ini didesain untuk melindungi tubuh dari kontaminasi zat kimia berbahaya, api dan lainnya. Baju hazmat yang digunakan sebagai pakaian APD juga harus sesuai dengan standar yang sudah diatur.

Secara umum ada 2 jenis baju coverall yaitu disposable coverall atau coverall sekali pakai dan reusable coverall atau yang dapat digunakan kembali. Contoh disposable coverall seperti Dupont Tyvex 400, Dupont Tychem 2000 serta Microgard 2000. Sedangkan untuk reusable coverall contohnya adalah baju wearpack, baju pemadam kebakaran, baju wearpack tommy dan lainnya.

Rekomendasi Baju Coverall Safety

Apa saja rekomendasi baju-baju coverall yang sesuai dengan kebutuhan anda? Berikut ini rekomendasinya:

1.    DuPont Tyvek 400

Baju pelindung DuPont Tyvek 400 terdiri dari polietilen densitas tinggi yang dipintal dengan cepat serta menciptakan bahan bukan tenunan yang unik dan hanya tersedia dari DuPont. DuPont Tyvek 400 memberikan keseimbangan perlindungan, daya tahan dan kenyamanan yang ideal dari berbagai teknologi kain dengan penggunaan yang terbatas.

Kain DuPont Tyvek 400 menawarkan penghalang bawaan terhadap partikel (berukuran hingga 1,0 mikron). Perlindungan dibangun ke dalam kain itu sendiri; tidak ada film atau laminasi untuk aus atau terkikis. Keunggulan daya tahan kain DuPont Tyvek 400 dibandingkan dengan kain film mikropori memberikan penghalang yang lebih baik secara konsisten, bahkan setelah keausan dan abrasi.

Fitur DuPont Tyvek 400:

  • Kenyamanan desain wearpack bengkel yang pas, memberikan kecocokan yang lebih sesuai, menawarkan penguatan pada area dengan tekanan yang tinggi, menggunakan resleting yang lebih panjang agar lebih mudah mengenakan serta melepaskan dan pinggal elastis untuk menempatkan pakaian dengan lebih baik.
  • Terlampir tudung respirator-fit dengan elastis pada sekitar bukaan wajah, didesain untuk menutupi leher dan dagu serta pas di sekitar masker wajah respirator
  • Resleting yang lebih panjang meluas ke dagu untuk cakupan lengkap area leher
  • Pembukaan elastis agar pas pada pergelangan tangan
  • Pembukaan elastis agar pas pada pergelangan kaki

2.    DuPont Tychem 2000

Rekomendasi produk selanjutnya adalah DuPont Tychem 2000. Keunggulan coverall ini adalah kain yang ringan dan tahan lama serta kain Tychem 2000 memberikan perlindungan setidaknya 30 menit terhadap > 40 bahan kimia.

Fitur DuPont Tychem 2000:

  • Beberapa benang yang saling terkait dijahit pada sekitar tepi mentah bahan garmen untuk menciptakan jahitan yang kuat serta tahan tekanan
  • Terlampir hood dengan elastis pada sekitar pembukaan wajah
  • Pembukaan elastis agar pas pada pergelangan tangan
  • Pembukaan elastis agar pas pada pergelangan kaki

3.    Ansell AlphaTec 2000

Rekomendasi produk wearpack kerja selanjutnya adalah Ansell AlphaTec 2000. Produk ini sebelumnya dikenal dengan microgard 2000 standard. Material bajunya terbuat dari Microporus Polyethylene Laminate Non Woven.

Fitur Ansell AlphaTec 2000:

  • Baju kimia yang dibuat dari kain laminasi polietilen mikropori non-anyaman antistatic (53g/m2)
  • Melindungi dari pelepasan muatan listrik statis, particular padat di udara dan percikan kecil dari bahan kimia cair
  • Didesain untuk melindungi penggunanya dari kontaminasi radioaktif particular untuk waktu yang terbatas
  • Melindungi penggunanya dari berbagai bahaya biologis termasuk cairan tubuh, pathogen yang ditularkan lewat darah dan penetrasi aerosol cair, serta penetrasi mikroba basah dan kering
  • Permeabel terhadap udara dan uap air untuk mengurangi resiko tekanan panas
  • Bebas silicon untuk area penyemprotan cat
  • Mematuhi panduan WHO tentang pengendalian serta pencegahan infeksi di lingkungan perawatan kesehatan dengan dugaan virus corona baru
  • Lingkaran jari untuk menghentikan lengan agar tidak naik
  • Pergelangan tangan, pinggang, pergelangan kaki dan tudung tiga bagian yang elastis
  • Resleting depan dua arah dengan penutup badai yang bisa ditutup kembali memastikan coverall tipe 5/6 ini mudah digunakan dan dilepas tanpa mengorbankan keselamatan
  • Rendah serat guna menghindari resiko serat mencemari area kritis
  • Ukuran yang tersedia adalah S-5XL

Sangat direkomendasikan untuk membersihkan dan mempersiapkan kamar, dukungan dan pemeliharaan lini produksi, pemeliharaan pabrik dan mesin serta layanan kedokteran hewan.

FAQ

Apa yang dimaksud Coverall adalah?

-Baju coverall adalah salah satu perlengkapan alat pelindung diri (APD) yang biasanya dipakai oleh tenaga medis, pekerja laboratorium, petugas pemadam kebakaran dan lainnya. Baju ini dirancang untuk melindungi tubuh dari kontaminasi zat kimia berbahaya, api, dan lainnya.

Apa fungsi baju Hazmat?

-Hazardous material suit atau Hazmat suit merupakan alat pelindung diri berupa pakaian untuk menutupi seluruh permukaan tubuh sehingga terhindar dari infeksi. Hazmat suit adalah peralatan penting yang harus tersedia untuk tenaga medis dalam penanganan penyebaran kasus COVID-19 ini.

 

 

 

 

 

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU