Mahasiswa Untag Surabaya Arif Darmawan Raih Medali Emas Pada Ajang Kejuaraan Kick Boxing

SurabayaPagi, Surabaya - Arif Dermawan Mus, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menorehkan prestasi gemilang dalam Kejuaraan Kick Boxing Indonesia 2021. Dia menyisihkan ratusan peserta dan berhasil membawa pulang medali emas dalam kategori kelas 64-69 kg.
 
“Allahamdulilah saya senang dan tidak menyangka hasil latihan saya bisa mencapai hasil yang baik. Saya bahkan pernah duduk menangis jam 1 malam karena merasa bahwa saya tidak ada perkembangan,” kata mahasiswa yang duduk di semester 9 ini.
 
Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu, (13/10) Arif menyebutkan bahwa mayoritas peserta berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, 
 
“Beberapa juga ada yang dari Jakarta. (Peserta) yang mengikuti kemarin itu ada sekitar 100 lebih peserta dari berbagai macam kategori berat badan.” Ujarnya.
 
Dalam pertandingan berlokasi di Gedung Graha Kartika tersebut, dirinya melewati dua tahapan hingga ke semifinal.
 
Ketertarikan Arif pada kick boxing berawal saat di bangku Sekolah Menengah Pertama dan tergolong unik karena awalnya dia tidak menyukai bela diri.
 
"Waktu saya masih SMP saya pernah dikeroyok dua orang lelaki yang cenderung lebih tua dari saya di lapangan bola,” tuturnya. 
 
Dia melanjutkan, “Dari hal itu saya mulai merubah pola pikir agar saya harus menyukai bela diri karna untuk melindungi diri. Akibat hal itu saya belajar kick boxing.”
 
Dalam mempersiapkan diri untuk pertandingan, Arif hanya memiliki waktu satu minggu dan dibantu oleh Sunu Narendra sebagai pelatih, yang juga alumni Untag Surabaya. Dia menuturkan, “Jadi saya latihan dengan sangat giat. Kadang ketika istirahat saya terbangun jam 1 atau jam 2 malam saya latihan sendiri di rumah latihan berbagai macam metode.
 
”Rasa bosan dan jenuh, sebut Arif, menjadi tantangan selama latihan, “Prestasi saya ini tidak terlepas dari seorang guru yang sabar melatih saya yang selalu memaksa saya untuk menjadi lebih baik dari latihan sebelumnya.”
 
Arif bersyukur karena Untag Surabaya memberikan perhatian kepada para mahasiswa yang juga atlet. Prestasi tersebut tidak membuatnya berpuas diri. Ke depan, dirinya akan kembali bertanding. 
 
“Saya harap bisa lebih baik bisa dan lebih giat dalam berprestasi di bela diri terutama kick boxing dan saya bisa lolos Asean Games 2022,” harapnya. 
 
Dia pun mengajak mahasiswa lainnya untuk pantang menyerah dalam berprestasi, “Jangan patah semangat bila sudah memulai sesuatu cobalah untuk menekuni hal itu cobalah untuk sabar dalam berproses," ujaranya. By