Penuhi Hasil Asessement, Kota Mojokerto Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Jun 2022 14:37 WIB

Penuhi Hasil Asessement, Kota Mojokerto Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap Pertama Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) bagi aparatur sipil negara (ASN), di Sabha Mandala Madya, Balai Kota Mojokerto, Rabu (15/6) siang.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menghadirkan Ketua Tim Pembimbing Penyusunan Masterplan Smart City Kota Mojokerto Hari Kusdaryanto dan Ketua Tim Aplikasi Ekonomi Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Kominfo RI selaku Tim Pendamping Smart City Kota Mojokerto, Siswoko.

Wali Kota Ning Ita dalam sambutannya mengatakan, pada era digitalisasi saat ini, masyarakat membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menerima layanan, baik dari pemerintah maupun non pemerintah.

"Salah satu solusi untuk dapat memberikan layanan secara cepat dan tepat adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi," ujarnya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menyebut, layanan publik yang cepat dan tepat tidaklah cukup, karena masyarakat juga membutuhkan kenyamanan, kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup.

"Itu dapat dilakukan jika menerapkan konsep smart city sehingga dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari," tukasnya.

Masih kata Ning Ita, tujuan dari kegiatan bimbingan teknis ini adalah menyusun masterplan smart city yang sesuai dengan analisa dan strategi serta prioritas pembangunan daerah.

"Bimbingan teknis smart city tahap pertama ini berfokus pada konsolidasi tim penyusun masterplan smart city Kementerian Kominfo dengan dewan smart city dan tim pelaksana smart city Kota Mojokerto, guna mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif sehingga analisis strategis smart city dapat dilaksanakan," cetusnya.

Wali Kota mengharapkan agar seluruh pejabat di Pemkot Mojokerto dapat menunjukkan komitmen dan dukungan dalam menyukseskan acara tersebut.

"Saya harap seluruh peserta mengikuti Bimtek ini secara serius dan memberikan sumbangsih pemikiran serta ide-ide yang positif guna terwujudnya Smart City Kota Mojokerto, " ujarnya.

Sementara itu, Siswoko, Ketua Tim Aplikasi Ekonomi Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Kominfo RI selaku Tim Pendamping Smart City Kota Mojokerto mengatakan sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo melakukan assesment terhadap seluruh kota/kabupaten untuk bisa menyusun masterplan smartcity dan mengimplementasikannya.

"Kota Mojokerto terpilih menjadi salah satu dari 50 kota/kabupaten di Indonesia, karena hasil assesmentnya memenuhi untuk mendapatkan pendampingan lebih lanjut," ungkapnya.

Siswoko menambahkan pendampingan dari Kementerian Kominfo RI ini diharapkan dapat menghasilkan konsep smat city yang baik, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan.

"Harapan kita, akhir tahun 2022 ini, 128 Kota dan Kabupaten di Indonesia sudah menyusun masterplannya," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU