Presiden Nikahkan Adiknya, Sejumlah Menteri Rela Jongkok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Mei 2022 20:58 WIB

Presiden Nikahkan Adiknya, Sejumlah Menteri Rela Jongkok

i

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah sah menjadi adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melangsungkan akad nikah dengan Idayati di Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022).

Usai Jadi Wali Nikah, Jokowi Blusukan di Pasar Tradisional Kota Solo

 

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

 

SURABAYAPAGI.COM, Solo- Pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman, mengundang perhatian menteri, pejabat pusat dan daerah , politisi serta pengusaha. Semua kamar hotel  bintang 3 sampai 5, ludes dipesan tamu. Diantaranya kamar president suite room seharga Rp 10 juta, semalam.

Tamu yang hadir mulai dari menteri Kabinet Indonesia maju hingga sederet tokoh nasional, seperti Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Diantara momen foto akad nikah dan resepsi, momen foto bersama pengantin menjadi pusat perhatian. Dalam momen ini para menteri ada yang rela jongkok di depan pelaminan.

Acara foto bersama ini menurut panitia merupakan pemandangan menarik.  Maklum para menteri ada yang berjas dan ada yang berbatik. Dengan keragaman menteri, sejumlah tokoh berfoto dengan kedua mempelai.

Momen ini terlihat dari tayangan akun YouTube Kompas TV yang menyiarkan secara langsung acara resepsi tersebut.

Panggung pelaminan yang minimalis seperti tak mampu menampung semua menteri yang ingin berfoto.

Alhasil, sejumlah pembantu presiden rela berjongkok untuk dapat berfoto bersama dalam satu frame.

Beberapa menteri yang berjongkok antara lain Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sementara, menteri yang berdiri antara lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dikutip dari Kompas.com, meski formasi foto ada menteri dan tokoh yang berdiri dan jongkok, tampaknya hal itu tetap meriah.

Sri Mulyani seperti terlihat dalam foto yang diunggah di Instagram akun @smindrawati pada Kamis (26/5) hadir ke acara tampak ceriah  mengenakan kebaya.

Dan alumnus Universitas Indonesia (UI) itu terlihat dalam foto lain sedang duduk semeja dengan beberapa menteri kabinet Indonesia Maju di lokasi acara.

Sri Mulyani kemudian dalam unggahan lain terpotret bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di panggung pelaminan berpose dengan kedua mempelai, yakni Anwar dan Idayati.

Terlihat, beberapa menteri berpose senyum ketika di atas pelaminan. Di antaranya Budi Karya Sumadi, Ida Fauziah, dan Sofyan Djalil.

Namun, pose berbeda ditunjukkan Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sandi sapaan Sandiaga terlihat mengangkat tangan kanan hingga sebahu sembari mengacungkan jempol dengan wajah tersenyum.

Basuki di sisi lain terlihat berpose mengangkat tangan dan menyilangkan jari telunjuk dan jempol dengan wajah terlihat serius.

 

Menteri Ikut Bahagia

Mereka justru tersenyum lebar menandakan ikut berbahagia atas pernikahan Idayati dan Anwar Usman.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Sebelum para menteri berfoto, sudah ada sejumlah tokoh yang lebih dahulu berfoto dengan kedua mempelai secara sendiri-sendiri.

Antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal (TNI) Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo, serta Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

 

Jokowi Wali Nikah

Acara pernikahan Idayati dan Anwar Usman digelar di Graha Saba Buana, Solo, Kamis paginya.

Anwar telah sah menjadi suami Idayati setelah melaksanakan prosesi ijab kabul yang dipandu oleh Jokowi selaku wali nikah.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Idayati binti Notomihardjo menikah dengan engkau dengan maskawin berupa seperangkat alat shalat dans ebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi.

"Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Notomihardjo dengan mahar tersebut, tunai," jawab Anwar.

Prosesi akad berlangsung khidmat dan dilanjutkan acara resepsi menurut tata cara adat Solo, Jawa Tengah.

Usai resepsi, Presiden Jokowi Langsung Pergi blusukan.

KSP Beri Penjelasan, Presiden Joko Widodo  blusukan di Kota Solo. Termasuk di pasar pasar tradisional. Khususnya ke Pasar Mojosongo dan Pasar Gede Solo.

Ali Mochtar Ngabalin, Staf Ahli KSP tak menampik ketika ditanya Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja di pasar, usai resepsi.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

"Iya karena itu sudah dijadwalkan dari minggu lalu," kata Ngabalin singkat.

Jokowi, saat blusukan  mengatakan isi waktu usai menghadiri acara pernikahan adiknya. Melihat  masih ada waktu sebelum pulang ke Jakarta lagi, ia berkeliling membagikan bantuan presiden untuk pedagang, PKL, seniman dan masyarakat.

"Bantuan ini sebagai tambahan modal untuk mendorong ekonomi pulih kembali," ucap Jokowi.

Bantuan yang diberikan Jokowi berupa sembako dan uang tunai. Untuk para pedagang, Jokowi memberikan bantuan uang tunai Rp1,5 juta. Bantuan itu terdiri dari bantuan pengembangan modal usaha Rp1,2 juta dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng Rp300.000.

 

Anak Idayati Bahagia

Sejak Kamis pagi, Idayati dan Anwar Usman telah menjalani akad nikah dan menggelar resepsi pernikahan bagi tamu-tamu mereka.

Kebahagiaan pun menyelimuti keluarga Idayati. “Semoga samawa buat Ibu dan Pak Anwar,” tutur anak Idayati, Adityo Rimbo Galih Samudra, saat ditemui di sela-sela resepsi.

Sebagai anak, Adityo mendukung keputusan ibunya menikah kembali dengan Anwar Usman. Ia pun mengaku menerima Anwar Usman sebagai bagian dari keluarga.

Adityo menerangkan, usai rangkaian acara pernikahan di Solo berakhir, Idayati dan Anwar Usman akan melanjutkan prosesi pernikahan di Bima, NTB. Kota tersebut merupakan kota asal Anwar Usman.

“Rencana besok habis acara ini berangkat ke NTB. Di sana rencananya selama 3 atau 4 hari.” n sl, tb, er

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU