Racikan Jamu Tradisional Peningkat Imun Tubuh

Racikan jamu dari rempah-rempah alami. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Di masa wabah Covid-19 yang semakin melonjak dengan tingkat penularan yang semakin cepat ini, masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan dan perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar kebal dari infeksi Covid-19.

Selain menggunakan obat-obatan modern, masyarakat bisa mengonsumsi jamu atau ramuan tradisional khas Indonesia yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamu sudah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Jamu diracik menggunakan berbagai macam rempah khas Nusantara yang mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. 

Racikan jamu yang pertama menggunakan bahan; jahe merah 2 ruas jari, jeruk nipis 1 buah, kayu manis 3 jari, gula merah secukupnya dan air 3 cangkir

Cara memebuat jamu tradisional ini cukup mudah. Pertama-tama cuci semua bahan lalu geprek jahenya. Rebus semua bahan selama 15 menit. 

Untuk penyajiannya, saring terlebih dahulu setelah dingin. Anda bisa meminum jamu ini satu kali sehari sebanyak 1,5 cangkir. 

Ramuan jamu 2yang kedua menggunakan bahan; kunyit 1 ruas ibu jari, lengkuas 2 ruas ibu jari, jeruk nipis 1 buah, air 3 cangkir dan gula merah secukupnya. 

Untuk membuat ramuan ini, cuci semua bahan hingga bersih lalu geprek kunyit dan lengkuas. Rebus semua bahan hingga mendidih selama 30 menit. Saring air jamu setelah dingin dan minum sekali sehari sebanyak 1,5 cangkir.

Ramuan jamu yang terakhir menggunakan bahan; pegagan 1 ruas ibu jari, jahe merah 1 ruas ibu jari, temulawak 1 buah, air 3 gelas dan gula aren secukupnya.

Tahap pertama untuk memasak jamu ini adalah panaskan air hingga mendidih kemudian masukkan semua bahan yang sudah dicuci bersih. Kecilkan api lalu tunggu hingga air tersisa kira-kira dua gelas. Matikan api lalu dinginkan. 

Sajikan jamu setelah dingin dan disaring lalu tambah dengan perasan jeruk nipis. Nikmati ramuan ini dua kali sehari sebanyak satu gelas. Dsy7