SMK Dharma Bahari Siapkan 3 Jurusan Terbaik di Dunia Industri

Kepala Sekolah SMK Dharma Bahari Surabaya Jeremias Yoshua Takdare. SP/ Lady Yuvinda

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi pilihan terbaik bagi siswa yang ingin segera bekerja. Sebagai institusi pendidikan yang menyediakan teknisi madya terbesar, siswa SMK tentu memiliki keahlian bervariasi yang bermanfaat bagi dunia industri.

Pada jenjang pendidikan menengah, jalur SMK diharapkan mampu menghasilkan tamatan berkarakter, mampu mengembangkan keunggulan lokal, dan mumpuni untuk bersaing di pasar global. SMK juga harus mempunyai partner industri guna menjaga kualitas lulusan sesuai kebutuhan industri, sebagaimana yang diupayakan oleh SMK Dharma Bahari Surabaya.

Untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional dengan identitas mandiri, terdidik, terampil, dan disiplin SMK Dharma Bahari Surabaya memiliki tiga jurusan terbaik di dunia industri. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Dharma Bahari Surabaya Jeremias Yoshua Takdare.

"Awalnya SMK ini jurusannya pelayaran. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya kita beralih ke jurusan umum. Kita punya tiga program keahlian yang dibutuhkan bagi dunia industri. Pertama, teknik komputer dan jaringan. Kedua, teknik mekanik otomotif. Ketiga, teknik permesinan," ujarnya kepada Surabaya Pagi (11/6/2021)

Tidak hanya menghadirkan program keahlian yang dibutuhkan bagi dunia industri, SMK Dharma Bahari Surabaya juga memiliki program unggulan lainnya yakni Unit Produksi dan Jasa (UPJ). UPJ dikenal sebagai miniatur industri-industri yang ada di sekolah sehingga siswa lebih dini mengenal dunia industri secara praktis.

"Setiap program keahlian pasti ada UPJnya. Jadi pembelajaran kita itu berfokus pada project based learning. Hal ini supaya siswa tidak hanya bisa memproduksi satu barang, tapi bermacam-macam barang sesuai dengan permintaan industri," jelasnya.

SMK Dharma Bahari Surabaya menjadi salah satu sekolah yang gencar menjalin relasi di dunia industri. Bukan tanpa alasan, sekolah yang berdiri sejak tahun 2002 ini memang serius untuk menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri.

"Iya kita selalu cari relasi. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik masalah pendidikan maupun ketenagakerjaan, juga meningkatkan kualitas tamatan  yang sesuai dengan standar kompetensi nasional. Ini semua agar bukan siswa kita yang kebingungan mencari kerja, tapi supaya perusahaan yang aktif merekrut lulusan dari sini," tutupnya. La