Pasca Gempa, Aktivitas PT KAI Tak Alami Gangguan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Apr 2021 11:51 WIB

Pasca Gempa, Aktivitas PT KAI Tak Alami Gangguan

i

Aktivitas operasional stasiun dan KA yang ada di wilayah Daop 8 terpantau aman terkendali meski Jatim sempat dihantam gempa. SP/DOC SP

SURABAYAPAGI,Surabaya - Aktivitas moda transportasi Kereta Api (KA) di Jawa Timur tidak mengalami kerusakan atau gangguan meski Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa  kembali terjadi gempa susulan hingga kedelapan pascagempa Sabtu di wilayah Malang.

Gempa tektonik susulan pada Minggu (11/4) pagi getarannya dirasakan di wilayah Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) . 

Baca Juga: Pemprov Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan gempa yang terjadi di Jatim tidak sampai meganggu aktivitas perjalanan KA maupun aktivitas penumpang yang ada diseluruh stasiun.

"Setelah gempa, unit kami yang terkait segera melakukan pemeriksaan obyek vital kai, seperti stasiun, jembatan, terowongan dan jalur rel sendiri," kata Luqman, Minggu (11/4/21).

Baca Juga: Khofifah Jeli Amati Video Hoaks Gempa di Tuban

Setelah dilakukan pemeriksaan, kata dia, semuanya terpantau aman terkendali.

"Alhamdulillah tidak ada sama sekali kerusakan dan gangguan terhadap operasional perjalanan KA di wilayah Jatim, khususnya daop 8," pungkasnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Bantuan Logistik hingga Trauma Healing Terpenuhi

Diketahui, Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Malang, dengan magnitudo 6,7 yang kemudian diperbarui menjadi magnitudo 6,1 yang berpusat di wilayah Kabupaten Malang, Sabtu, pukul 14.00 WIB, di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer.

Akibat gempa tersebut, total 16 kabupaten/kota di Jatim terdampak kerusakan, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Ponorogo.Kemudian, Kabupaten Jember, Kabupaten Tulungagung, Kota Batu, Kabupaten Nganjuk, serta Kabupaten Pacitan.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU