Bupati Jember Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Mei 2023 09:59 WIB

Bupati Jember Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik

i

Gerakkan pemupukan organik di lahan kelompok Poktan Tani Makmur di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Foto: Pemkab Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember tengah menggencarkan gerakkan pemupukan organik kepada petani di wilayah setempat. Bupati Jember Hendy Siswanto memulai gerakkan pemupukan organik secara serentak ke lahan persawahan warganya.

Gerakkan tersebut dimulai di lahan Kelompok Pertanian (Poktan) Tani Makmur yang berada di Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Baca Juga: Hore, Petani di Jember Bakal Dapat 63.248 Ton Pupuk Bersubsidi

“Kami harapkan semua petani di Jember secara bertahap mulai beralih ke pupuk organik," kata Hendy saat melaksanakan pemupukan bersama, Rabu (24/5/2023).

Menurutnya, penggunaan pupuk kimia selama puluhan tahun dapat menimbulkan beberapa dampak negative seperti produktivitas tanah menurun, tanah tidak gembur lagi. Maka dari itu, pihaknya mengajak para petani untuk beralih ke pupuk organik.

“Perlahan ayo kita beralih ke pupuk organik, jika punya lahan 1 hektar, ayo dimulai seperempatnya dulu diaplikasikan pupuk organik agar tanah kembali subur alami,” ajaknya.

Ia menyebut, pupuk organik plus memiliki sejumlah keunggulan, selain menaikkan produktivitas, juga menaikkan PH dan membenahi masalah unsur hara yang sangat menjadi masalah di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Bayi Perempuan Dibuang di Ember Bekas Cat Usai Dilahirkan

"Penggunaan pupuk organik plus itu tidak hanya untuk pertanian di sawah saja, namun juga untuk tanaman lainnya. Pupuk organik plus itu adalah produk asli Jember," ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Jember ini berharap para petani di Jember bisa memakai pupuk organik plus tersebut. Terlebih dalam waktu dekat dipresiksi akan menghadapi El-Nino. Oleh sebab itu, diharapkan produktivitas semakin meningkat.

"Untuk izin edar nantinya akan dipermudah dan nantinya pupuk organik akan dipakai kalangan petani yang ada di Jember terlebih dahulu,” ungkapnya.

Baca Juga: Viral Penampakan Berlubang di Langit Jember, Warganet: Akan Ada Bencana Besar?

Gerakan pemupukan organik tersebut merupakan salah satu rangkaian misi Pemkab Jember untuk mewujudkan swasembada pangan dan swasembada pupuk.

"Bahkan untuk swasembada pupuk, Pemkab Jember akan mendirikan pabrik pupuk organik secara bertahap, agar petani Jember terjamin pupuknya," tutupnya. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU