Home / Opini : Jumat Berkah

Kun Fayakun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 20:53 WIB

Kun Fayakun

"Innam amruh i arda syai`an ay yaqla lah kun fa yakn."

Ungkapan kun fayakun ini terkandung dalam surat Yasin ayat 82 yang artinya: Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia.

Baca Juga: Assalamualaikum

Dari sini dapat disimpulkan bahwa arti kun fayakun adalah segala sesuatu dapat terjadi ketika Allah berkehendak, termasuk hal-hal yang mungkin mustahil secara logika atau nalar.

Namun atas kehendak Allah, segala sesuatu dapat terjadi dan jadilah dalam sekejap saja. Selain itu, kun fayakun juga memiliki makna tentang kedahsyatan dari kekuasaan Allah SWT

Dalam Islam, kun fayakun menggambarkan suatu hal yang sudah dikehendaki oleh Allah, maka dapat benar-benar terjadi tanpa terkecuali

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kun fayakun merupakan firman Allah yang berarti 'Jadilah! Maka terjadilah'.

Bukti mengenai bentuk kuasa Allah ini tentunya ada banyak dalam surat-surat Alquran, berikut salah satunya:

"Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan.

Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu." [QS. Ar-Ra'd ayat 2]

Salah satunya pada surat Yasin ayat ke-82, Kun fayakun artinya "Jadilah, maka terjadilah". Arti tersebut memiliki makna yang dahsyat mengenai sifat kekuasaan Allah SWT

Dari sini dapat disimpulkan bahwa arti kun fayakun adalah segala sesuatu dapat terjadi ketika Allah berkehendak, termasuk hal-hal yang mungkin mustahil secara logika atau nalar. Namun atas kehendak Allah, segala sesuatu dapat terjadi dan jadilah dalam sekejap saja.

Arti harfiah dari "Kun Fayakun" adalah "jadilah, maka terjadilah." Ungkapan ini mencerminkan kekuatan absolut dan kehendak Allah SWT. Dalam konteks ini, ketika Allah menghendaki sesuatu terjadi, Dia hanya perlu mengatakan "Kun Fayakun," dan itu akan terwujud tanpa upaya atau proses yang panjang.

 

Baca Juga: Puasa Asyura

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Kun Fayakun

Ketika Allah SWT berkata kun fayakun, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya. Dengan demikian, kaum muslimin boleh memohon apapun yang bahkan menurut diri kita tidak mungkin terwujud.

Berikut bunyi sholawat kun fayakun yang dinukil dari buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap oleh Ibnu Watiniyah:

Allahumma shalli wa sallim 'ala Sayyidina Muhammadin wa 'ala ali Sayydina Muhammadin shalatan tadfa-u biha 'annath tha'na wath-tha-'una, ya amruhu idza arada syai-an ay yaqula lahu kun fayakun

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas Nabi Muhammad dan keluarganya dengan rahmat yang Engkau menolak dengannya dari tusukan jin dan ta'un. Wahai Zat yang jika menghendaki sesuatu dengan berkata: Jadilah, maka jadilah."

Zikir Kun Fayakun bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Muslim setiap hari. Ketika Allah SWT berkata kun fayakun, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya. Dengan demikian, kaum muslimin boleh memohon apapun yang bahkan menurut diri kita tidak mungkin terwujud.

Baca Juga: Bulan Muharram, Bulan Mulia

Juga dalam QS:Al-Kahfi | Ayat: 42). Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Saya bersaksi, apabila Allah SWT menetapkan suatu perkara apa pun dan Dia hendak untuk mengadakannya atau menghidupkannya, maka Dia hanya berfirman "kun" (jadilah), maka ia pun jadi.

Saya diajarkan Dzikir Kun Fayakun untuk saya amalkan setiap hari. Bacaan Kun Fayakun :

Allahuma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala ali sayyidina muhammadin shalatan tadfa-u biha’ annath tha’na wath-tha-una, ya amruhu idza arada syai-an ay yaqula lahu kun fayakun. ([email protected])

 

Oleh:

Lordna Putri

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU