Pedagang Beras Sambat Sulitnya Beras SPHP dari Bulog

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Feb 2024 18:46 WIB

Pedagang Beras Sambat Sulitnya Beras SPHP dari Bulog

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Beras medium Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog sulit didapat di sejumlah pasar tradisional di Kota Malang. Akibatnya, harga beras melejit naik.

Seperti yang disampaikan salah satu pedagang di Pasar Tradisional Klojen bernama Dede. Dia mengatakan selama dua pekan terakhir tidak mendapatkan jatah beras SPHP dari bulog.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Himbau Warga tak Stok Bahan Pangan Berlebih

"Saya di stok sekitar 10 sak, itu tidak ada seminggu sudah habis. Tapi setelah habis itu sudah dua Minggu gak dapat stok. Barangnya sulit, lama juga stok lagi," ujar Dede, Selasa (27/2/2024).

Dede menambahkan kenaikan beras premium sejauh ini tergolong cukup signifikan selama beberapa waktu. Kenaikan harga beras pun telah menyentuh angka Rp 5 ribu.

"Seperti merk Lombok, untuk biasanya Rp75 ribu per 5 kilogram, sekarang sudah Rp 86 ribu. Kalau Lahap sekarang Rp 80 ribu," terangnya.

Pedagang lain di Pasar Oro-oro Dowo, Warsina membenarkan, jika stok beras SPHP dari Bulog susah didapat karena ada pembatasan jumlah yang bisa didapat oleh pedagang. "Susah dapatnya, stoknya memang dibatasi sekali beli dijatah tiga biji itu 15 kilogram," ungkapnya.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Hal senada juga disampaikan, Kepala Pasar Oro-Oro Dowo, Lukman Hutori menyampaikan suplai beras SPHP dari bulog tidak seperti biasanya. Karena sudah terlambat sejak sebulan terakhir.

"Ini tadi pas habis, sudah mulai satu bulan lalu (suplai beras Bulog). Biasanya satu bulan di suplai dua kali, kadang sekali," terangnya.

Sementara itu, Kasatgas Pangan Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto menerangkan pihaknya telah melakukan pemantauan di sejumlah pasar. Hasilnya tidak ditemukan stok beras SPHP bulog di beberapa pasar.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo Ditutup untuk Pembersihan

Dari situ, Satgas Pangan Polresta Malang Kota akan melakukan pengecekan secara langsung ke Gudang Bulog Malang. Guna mengetahui seperti apa proses distribusi beras bulog SPHP.

"Setelah ini kami akan ke Bulog akan kita cek untuk proses distribusinya seperti apa," tandasnya. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU