400 Polisi Diterjunkan Untuk Amankan Proses Rekapitulasi Suara di KPU Surabaya

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Rabu, 28 Feb 2024 15:01 WIB

400 Polisi Diterjunkan Untuk Amankan Proses Rekapitulasi Suara di KPU Surabaya

i

Kantor KPU Kota Surabaya. SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Polrestabes Surabaya mengerahkan 400 personelnya untuk mengawal dan mengamankan proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, pada Rabu (28/02/2024).

Demi kelancaran proses tersebut, personel polisi akan bertugas dalam dua shift, menjaga kantor KPU hingga sidang pleno selesai.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

Diketahui, pada shift pertama pukul 08.00-20.00 WIB, kemudian shift kedua pukul 20.00-08.00 WIB.

AKBP Wibowo Kabagops Polrestabes Surabaya menjelaskan bahwa skema pengamanan telah dirancang dengan teliti, membagi area sekitar kantor KPU menjadi tiga ring.

"Jadi kita bagi di tiga tahapan pemeriksaan. Kemarin kita sudah koordinasi dengan KPU juga siapa-siapa saja yang boleh masuk itu sudah kita pegang datanya. Mulai dari saksi parpol, petugas bawaslu hingga media," kata Wibowo, di Surabaya, Rabu, (28/2/2024).

Diketahui, pada ring pertama berada di dalam gedung, ring kedua di dalam pagar, dan ring ketiga mengawal area luar gedung. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Siapkan Langkah Antisipasi Fenomena Urbanisasi

Selain itu, Wibowo juga telah melakukan analisis potensi gangguan yang mungkin terjadi selama proses rekapitulasi, seperti protes dari saksi partai politik dan kelalaian penyelenggara.

Pihaknya juga sudah melakukan analisa berbagai potensi yang bakal menyebabkan suasana sidang pleno rekapitulasi suara menjadi tidak kondusif.

Baca Juga: Cegah Inflasi di Surabaya , BLT Rencana Dicairkan untuk Keluarga Miskin

"Nah ini akan coba kita komunikasikan terus supaya semakin ke depan proses sidang pleno lancar," tandasnya. 

Perlu diketahui, KPU Kota Surabaya akan memulai rekapitulasi tingkat kota pada hari ini pukul 09.00 WIB hingga selesai. Ain/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU