Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Mar 2024 18:26 WIB

Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

i

Pemkot Surabaya berencana menambah lagi dua Rumah Anak Prestasi (RAP).SP/SURA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemkot Surabaya berencana menambah lagi dua Rumah Anak Prestasi (RAP). Ini sebagaimana komitmen Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam menyediakan wadah atau tempat bagi anak-anak hebat untuk mengembangkan kreativitasnya.

 Kepala UPTD Kampung Anak Negeri Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Eva Rachmawati mengatakan, saat ini pemkot telah memiliki tiga RAP. Untuk lokasinya berada di Jalan Nginden Semolo No 23 Kecamatan Sukolilo, Jalan Sono Indah VII / 10 Kecamatan Sukomanunggal dan Jalan Mohammad Noer No 1 Kecamatan Bulak, Surabaya.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

 "Tiga RAP itu sudah beroperasi. Yang terbaru rencana di wilayah Surabaya Selatan, Dukuh Menanggal, saat ini dalam tahap penataan. Insyaallah RAP Dukuh Menanggal dalam waktu dekat diresmikan oleh Pak Wali Kota Eri Cahyadi," kata Eva Rachmawati, Rabu (27/3).

 Selain RAP Dukuh Menanggal, Eva mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya juga berencana menambah satu lagi Rumah Anak Prestasi. Namun, ia belum mengungkap di mana lokasi RAP kelima yang berencana dibangun oleh pemkot tersebut.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

 Eva menerangkan bahwa RAP adalah wadah atau tempat bagi anak-anak hebat Surabaya untuk mengembangkan kreativitasnya. Melalui RAP diharapkan minat dan bakat anak-anak hebat atau anak disabilitas tersebut bisa tersalurkan.

Menurut dia, animo anak-anak hebat yang mendaftar di RAP sangat tinggi. Dinsos Surabaya mencatat, saat ini jumlah peserta didik di RAP Nginden mencapai 232 siswa, RAP Sonowijenan 190 siswa dan RAP Kedung Cowek yang baru diresmikan pada 7 Februari 2024, ada sekitar 94 siswa. 

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

"Kegiatan di RAP setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00 - 17.00 WIB. Semua fasilitas dan layanan di sana gratis untuk anak-anak hebat Surabaya. Bahkan, satu anak hebat itu bisa memilih banyak kegiatan di RAP," bebernya.

Eva menjabarkan bahwa ada berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti anak-anak hebat di RAP. Mulai dari pelatihan handicraft, membatik, menjahit, musik, modeling, fotografi hingga dongeng bahasa isyarat. "Pelatihan ini semua bersifat gratis. Syarat mendaftar cukup menunjukkan identitas KTP atau KK Surabaya," kata dia. sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU