Kim Ji Won Beli Gedung Puluhan Miliar dan Diduga Hindari Pajak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Apr 2024 19:02 WIB

Kim Ji Won Beli Gedung Puluhan Miliar dan Diduga Hindari Pajak

i

Bangunan senilai Rp73 miliar (6,3 miliar won) dengan satu ruang bawah tanah dan lima lantai di lokasi utama Gangnam Gu, Seoul

SURABAYAPAGI, Jakarta - Kim Ji Won aktris drama ‘Queen of Tears’ dituduh membeli sebuah gedung melalui perusahaan kertas untuk menghindari pajak.

Pada 19 April 2024, media Korea melaporkan Kim Ji Won membeli sebuah bangunan senilai Rp73 miliar (6,3 miliar won) dengan satu ruang bawah tanah dan lima lantai di lokasi utama Gangnam Gu, Seoul.

Baca Juga: DJP Jawa Timur Blokir 1.182 Rekening Penunggak Pajak

Proses pembelian gedung tersebut terjadi pada Juni 2021 atas nama Jiwon Entertainment, sebuah perusahaan tempat Kim Ji Won terdaftar sebagai CEO in house.

Segera, beberapa orang curiga aktris tersebut mendirikan perusahaan kertas untuk mendapatkan pinjaman bisnis dan menghindari pajak ketika membeli real estat.

Modus ini juga dilakukan banyak selebriti sebelumnya. Pinjaman Kim Ji Won diperkirakan menghabiskan 55 persen dari harga pembelian gedung.

Ketika kritik terhadap Kim Ji Won mulai bermunculan, netizen mencari informasi tentang pembelian tersebut dan menemukan bukti yang menunjukkan kecurigaan tersebut.

Seseorang mengetahui tentang pendaftaran bisnis Jiwon Entertainment mengungkapkan aktris tersebut mendirikan perusahaan ini pada Maret 2016.

Baca Juga: Pendapatan Pajak Tembus Rp27,26 Triliun, Jatim Masih Jadi Kekuatan Ekonomi Kedua Nasional

Kim Ji Won ditunjuk sebagai perwakilan dan alamat perusahaan tersebut terdaftar di lantai 4 dan 5 gedung Gangnam yang dia beli pada 2021.

Alhasil, netizen menuding aktris tersebut berencana menghindari pajak saat membeli gedung dengan mendirikan perusahaan kertas.

Di Korea, ada kebijakan pajak yang memberikan keringanan bagi perusahaan yang membeli gedung setelah berdiri selama 5 tahun. Meskipun besaran keringanan pajak tersebut tidak diungkapkan secara detail, namun kebijakan ini sering dimanfaatkan oleh individu berduit untuk memperoleh gedung dengan pajak yang lebih rendah.

Kim Ji Won mendirikan Jiwon Entertainment pada Maret 2016 dan membeli gedung di Gangnam pada Juni 2021, tepat lima tahun kemudian.

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Setelah ramai diperbincangan, agensi Kim Ji Won, High Zium Studio memberikan pernyataan kepada media Heral Pop. "Susah memberikan konfirmasi karena itu adalah urusan pribadi artis," kata agensi.

Hal ini pun membuat netizen kecewa dengan Kim Ji Won. Mereka menganggap image-nya yang dulu dikenal sebagai aktris baik-baik kini mulai tercoreng.jk/ana

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU