Penutupan Mendadak Wisata Gunung Bromo Dikeluhkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 19:04 WIB

Penutupan Mendadak Wisata Gunung Bromo Dikeluhkan

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur ditutup pada 21-24 Juni 2024. Penutupan itu dikeluhkan oleh para penyedia jasa wisata open trip Gunung Bromo.

Pengumuman soal penutupan wisata Gunung Bromo yang disampaikan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) dinilai terlalu mendadak. Hal itu berdampak pada para penyedia jasa wisata yang terpaksa harus mengubah jadwal. Penyedia jasa wisata bahkan merugi karena harus membatalkan perjalanan wisatawan yang sudah diagendakan pada 21-24 Juni 2024.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Apresiasi Festival Merjosarian

Salah satu penyedia jasa open trip Bonhamholiday, Muhammad Iqbalsyah (28) menilai pengumuman soal penutupan wisata Gunung Bromo terlalu mendadak.

"Tamu banyak yang booking 2 minggu sebelum hari keberangkatan. Kasihan para tamu sudah menata jadwal jauh-jauh hari jadi berantakan," ujarnya, Rabu (19/6/2024).

Ia menyampaikan, dengan penutupan ini pihaknya harus mengubah jadwal keberangkatan tamu yang sebelumnya sudah diterima. Dalam pengaturan jadwal masih ada kendala yang dihadapi terkait ketersediaan kendaraan.

Baca Juga: Tren Positif Kunjungan Wisata, Pajak Hotel di Kota Malang Berpotensi Naik

"Karena kan untuk jadwal yang sudah ada menjadi resechedule. Tapi yang bikin repotnya itu perubahan jip, karena jip sendiri kalau mendadak sangat susah. Sekalinya ada pasti harganya lebih mahal lagi," ungkap Iqbal.

"Belum lagi kendala lain, misal dari pihak tamu itu tidak mau resechedule kan otomatis harus refund DP. Ya, banyak kendala yang dihadapi jika perubahan jadwal mendadak," sambungnya.

Iqbal berharap ketika BB TNBTS menginformasikan soal penutupan wisata Gunung Bromo sebisa mungkin dilakukan jauh-jauh hari. Dengan begitu, para penyedia jasa bisa mempersiapkan diri dari awal.

Baca Juga: Terminal Madyopuro akan Diubah Jadi Pusat Wisata

"Kalau saran saya harus lebih detail dan menginformasikan soal penutupan semacam ini bisa jauh-jauh hari. Sebab, banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Bromo dari jauh-jauh hari pastinya," pesannya.

Sebagai informasi, Wisata Gunung Bromo ditutup pada 21-24 Juni 2024 karena adanya gelaran ritual Yadnya Kasada sekaligus pemulihan ekosistem dan pembersihan kawasan. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU