Program PKK Sigap Pemkot Kediri, Solusi Alternatif Cegah Inflasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Jun 2024 13:20 WIB

Program PKK Sigap Pemkot Kediri, Solusi Alternatif Cegah Inflasi

i

Ilustrasi. Pedagang bahan makanan pokok di Pasar Tradisional Kota Kediri. SP/ KDR

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Sebagai salah satu alternatif mencegah adanya lonjakan inflasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melaunching Program PKK Sigap bertajuk 'Solutif Mengelola Bahan Pangan. Adapun program ini ditandai dengan penandatanganan komitmen PKK, TPID dan Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi.

"Harapannya, gerakan ini dapat mengendalikan inflasi agar ke depan lonjakan harga bahan pangan di pasar tidak begitu tinggi. Ditambah lagi, saat ini cuaca juga tidak menentu, sehingga dapat berdampak pada hasil panen yang mengakibatkan harga komoditas pangan menjadi naik turun," Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, Selasa (25/06/2024).

Baca Juga: Dinas Perdagangan: Harga Naik, Stok Cabai Rawit di Kota Madiun Aman

Sehingga dengan adanya kondisi tersebut, Pj Wali Kota Kediri memberikan cara menyiasatinya, yakni melakukan gerakan bersama untuk mengelola bahan pangan secara bijak.

Baca Juga: Per 9 Juli Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik Sesuaikan Inflasi

"Tujuannya, agar saat bahan-bahan pangan murah, setelah membeli ibu-ibu bisa mengolahnya untuk memperpanjang masa pakai dan tidak mubazir. Misalnya saja dijadikan sediaan bumbu halus, sehingga saat harga bahan pangan sedang mahal, tidak bingung karena masih ada stok bumbu dan dapur tetap bisa ngebul," katanya.

Selain itu juga, sudah saatnya masyarakat memanfaatkan lahan di rumah, untuk menanam sayur mayur guna membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Baca Juga: Inflasi Tahunan Kabupaten Sumenep 3,24 Persen, Tertinggi di Jatim

"Hal ini juga sebagai langkah sederhana, dalam upaya pengendalian inflasi," katanya. kdr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU