KY Prioritaskan Pengaduan KPK, Soal Putusan Hakim Tipikor yang Kabulkan Eksepsi Gazalba Saleh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 20:05 WIB

KY Prioritaskan Pengaduan KPK, Soal Putusan Hakim Tipikor yang Kabulkan Eksepsi Gazalba Saleh

i

Gazalba Saleh.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) memastikan akan memprioritaskan laporan KPK yang mengadukan majelis hakim pengabul eksepsi Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh.

Anggota dan Juru Bicara KY, Mukti Fajar Nur Dewata mengatakan akan memproses sesuai wewenang dan tugasnya. Termasuk menggali informasi, memeriksa pelapor dan saksi. "Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemanggilan terhadap terlapor," tutur Mukti, saat dihubungi wartawan, Rabu (26/5/2024).

Baca Juga: Nyabu, Seorang Hakim Dipecat

Mukti mengatakan laporan itu akan ditindaklanjuti oleh KY. Dia menyebut Tim Pengawas Perilaku Hakim (Waskim) juga akan segera mempelajari laporan yang diajukan KPK.

"Ketua KY telah memberikan disposisi terkait laporan dimaksud. Saat ini, Tim Waskim sedang mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk segera menindaklanjuti, termasuk memverifikasi kelengkapan persyaratan administrasi dan substansi untuk dapat diregister," ujar Mukti.

 

Baca Juga: Hakim Trading Binomo Dilaporkan ke KY

Tak Ciptakan Ketidakpastian Hukum

Terpisah, Ketua KPK Nawawi Pomolango mengapresiasi putusan hakim PT DKI Jakarta .

Nawawi mengaku setuju dengan pertimbangan hakim PT DKI. "Sangat setuju pula dengan argumen pertimbangan majelis hakim (pengadilan) tinggi yang menyebut bahwa putusan sela majelis hakim Tipikor Jakarta Pusat telah mengacaukan praktik sistem peradilan dan mencipta ketidakpastian hukum," kata Nawawi.

Baca Juga: Bela Ayah, Anak Laporkan Jaksa dan Hakim

Bukan tanpa alasan Nawawi setuju dengan itu.

Nawawi menyebut faktanya, di saat bersamaan, hakim Tipikor tengah menyidangkan kasus-kasus yang ditangani KPK seperti kasus mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo hingga Karen Agustiawan yang sudah dilampirkan surat pendelegasiannya. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU