Marak Beredar Busi Palsu NGK, Bisa Terancam Sanksi 5 Tahun Penjara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Jul 2024 11:51 WIB

Marak Beredar Busi Palsu NGK, Bisa Terancam Sanksi 5 Tahun Penjara

i

Busi NGK Imitasi vs Asli. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Niterra Mobility Indonesia (NMI) tengah fokus berupaya memberantas peredaran busi palsu merek NGK yang membuat geram dan tentu merugikan sang pabrikan. Tindakan tegas ini diambil untuk melindungi konsumen dan menjaga integritas perusahaan.

“Demi memberantas peredaran busi palsu NGK, kami segera mengambil langkah-langkah tegas melalui jalur hukum,” jelas Presiden Direktur  NMI, Atsushi Aoki, Minggu (07/07/2024).

Baca Juga: Kolaborasi Hot Wheels dan Honda, Bikin Diecast Terbatas Legenda Civic EG

Bukan cuma penjual online, NMI juga mengambil tindakan hukum bagi produsen, pengedar maupun toko spare part yang terbukti menjual atau memasarkan busi NGK palsu. 

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis Pasal 100, 101, dan 102, memperdagangkan barang palsu merupakan tindakan pidana yang dapat diproses secara hukum. Sedangkan merujuk dari UU tersebut, sanksinya bisa pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar.

Baca Juga: Modifikasi SERES E1 'Vision Future', Eksterior dan Interior Makin Garang

Sementara Citra Aji Sanjaya, Marketing Manager PT Niterra Mobility Indonesia meminta agar konsumen untuk lebih berhati-hati saat membeli busi untuk kendaraannya, terutama ketika melakukan transaksi via toko online.

“Peredaran busi palsu ini sudah sangat mengkhawatirkan, karena dapat merusak brand NGK, dan juga komponen dari mesin kendaraan itu sendiri. Kami bakal menempuh jalur hukum untuk menangani penjual busi palsu. Langkah penting ini kami lakukan untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk yang aman dan berkualitas,” tegas Citra.

Baca Juga: Honda Pamer Konsep Sustaina-C dan Pocket, Perdana di ASEAN

Lebih lanjut, konsumen disarankan untuk membeli di toko online maupun offline store yang sudah terpercaya agar terhindar dari penggunaan busi palsu. Selain itu, pelanggan juga diwajibkan teliti sebelum memboyong busi NGK.

"Ciri-ciri bengkel juara ada logo atau NGK sign berbentuk bulat dengan background merah kombinasi putih bertuliskan NGK Spark Plugs khas NGK. Saat ini sudah ada sekitar 90 toko yang tersebar di kota-kota besar," jelas Citra. jk-04/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU