Bayu-Emil Salaman, Akur Ya!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Jan 2022 20:37 WIB

Bayu-Emil Salaman, Akur Ya!

i

Bayu Airlangga dan Emil Elestianto Dardak bersalaman saat Pembukaan Musda VI Partai Demokrat Jatim, Kamis (20 Januari 2022). SP/Riko Abdiono

AHY Minta Musda Demokrat Jatim Demokratis

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Musyawarah Daerah ke-VI Partai Demokrat dibuka Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra Pertama Susilo Bambang Yudhoyono ini meminta pertarungan dua calon ketua di Musda Demokrat Jatim dijalankan secara demokratis.

AHY menyebut, baik Bayu Airlangga dan Emil Dardak sama-sama kader terbaik.

"Ada dua kader utama yang maju sebagai kandidat Ketua DPD Demokrat Jatim, pertama Mas Emil Dardak, yang kedua Mas Bayu Airlangga," kata AHY saat membuka Musda DPD Demokrat Jatim secara virtual, Kamis (20/1/2022).

"Keduanya adalah kader terbaik Demokrat Jatim. Saya minta di Musda ini, tunjukkan kalau kita partai yang bermartabat dan berjiwa kesatria," lanjutnya.

Usai memberi pesan ke Bayu dan Emil, AHY juga meminta keduanya berjabat tangan. Hal ini agar menunjukkan persaingan antar keduanya tetap berjalan dalam koridor yang sewajarnya.

"Saya minta Mas Emil dan Mas Bayu untuk bersalaman dan berdiri bersama, untuk menunjukkan bahwa kita solid," imbuh AHY.

AHY menambahkan, Musda tetap harus berjalan secara demokratis, sesuai semangat Partai Demokrat. Dirinya akan mengawal secara khusus Musda Demokrat Jatim.

"Dalam kompetisi ada yang berhasil dan tidak. Jangan lihat kalah menang, ini tujuan baik untuk memajukan Demokrat Jatim. Hindari provokasi yang memecah belah kita. Saya akan kawal terus Musda ini, sepeti 31 Musda sebelumnya di provinsi lain. Selamat menjalankan Musda ke VI, semoga berjalan aman, tertib, lancat, demokratis dan bermartabat," tandasnya.

AHY mengungkapkan, semangat dalam Musda kali ini ialah konsolidasi. Seluruh proses pencalonan sudah ditetapkan sesuai AD/ART partai.

"Musda adalah sebuah kegiatan yang dilakukan setiap 5 tahun sekali, tetapi saya berharap jangan jadikan musda sebagai kegiatan yang serba formalitas saja. Mari dijadikan momentum Demokrat untuk terus berbenah diri melanjutkan segala hal positif yang dicapai," terangnya.

"Musda harus bisa menjadi ajang konsolidasi, fokuskan kita menyiapkan mesin partai untuk meraih suara di Jatim. Musda Jatim memiliki posisi strategis, dan saya berharap tidak hanya menyiapkan mesin partai, tapi meyakinkan bahwa partai kita solid," sambungnya.

 

Panas

Tensi panas mulai muncul jelang Musda. Di mana antar ketua DPC saling beradu argument untuk menunjukkan eksistensi dan demokrasi yang dinamis di internal Partai berlambang bintang mercy biru ini. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto, Ayub Busono mengatakan, saat ini kondisi menjelang pelaksanaan Musda Partai Demokrat Jatim sangat dinamis. Dukung mendukung calon ketua mulai terlihat. Namun, ada satu statemen dari Ketua DPC Partai Demokrat Lumajang Reno Zulkarnaen yang kurang enak didengar. “Sebagai kader Partai Demokrat saya menyayangkan statemen Reno, tidak seharusnya dia mengatakan bahwa menyerahkan suara kepada Ketua Umum AHY,” cerita Ayub, Rabu (19/1/2022).

Dijelaskannya, statemen tersebut adalah bentuk yang tidak menghormati Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pimpinan tertinggi Partai Demokrat. Reno sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC Partai Demokrat Lumajang tugasnya adalah menjalankan amanat untuk memberikan suara di Musda. “Ini kok malah dikembalikan lagi ke Ketua Umum, etikanya dimana?,” cetus Ayub  serius. 

Seharusnya, sebagai ketua DPC dan seluruh pemilik suara di Musda itu harus menjalankan hak untuk memilih ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Karena ketua DPC itu mendapat mandat penuh dari Ketua Umum AHY untuk menjaga integritas dan tanggung jawab menjalankan demokrasi. “Yang tanda tangan SK Plt Ketua DPC Lumajang itu Ketua Umum, jangan lupa!, Tolong jalankan amanat ketum AHY dan jangan dikembalikan lagi ke Ketum, ini sama saja tidak menghidupkan demokrasi di Partai Demokrat,” tegas Ayub.

Seperti diberitakan sebelumnya, Plt Ketua DPC Partai Demokrat Lumajang Reno Zulkarnaen melempar wacana akan memberikan hak suaranya kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Musyarawarah Daerah ke VI DPD Partai Demokrat Jatim. Salah satu agenda dari Musda ini adalah pemilihan Ketua periode 2021-2026. Sementara ini nama yang telah mencuat bakal maju menjadi Ketua Demokrat Jatim adalah Bayu Airlangga dan Emil E Dardak. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU