BPS: Transaksi Ekspor Pertanian Per April 2021 Capai US$ 340 Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Mei 2021 15:25 WIB

BPS: Transaksi Ekspor Pertanian Per April 2021 Capai US$ 340 Juta

i

Petani yang tengah menanam padi di sawah. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Perkembangan sektor pertanian Indonesia tahun ini semakin membaik, hal tersebut ditunjukkan oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat transaksi ekspor pertanian pada bulan April 2021 capai US$ 340 Juta.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, peningkatan tersebut tergolong tinggi. “Secara tahunan, komoditas di sektor pertanian yang mengalami peningkatan tinggi yaitu tanaman obat, aromatik, dan rempah, terutama lada hitam dan cengkeh,” ungkap, Jumat (21/5/2021).

Dia menjelaskan peningkatan ekspor pada bulan April 2021 juga turut didorong oleh kenaikan harga beberapa komoditas andalan Indonesia dan adanya permintaan peningkatan dari negara mitra dagang Indonesia. Salah satunya adalah minyak kelapa sawit. “Secara year on year, minyak kepala sawit tumbuh sebesar 76,5 persen,” tutur Suhariyanto.

Sementara jika dilihat dari data keseluruhan, ekspor pada bulan April 2021 mencapai 18,48 miliar dollar AS. Nilai tersebut meningkat 0,69 persen dari bulan Maret 2021 yang sebesar 18,35 miliar dollar AS, dan meningkat 51,94 persen dari April 2020 yang sebesar 12,16 miliar dollar AS.

Selain itu, Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga menyebutkan pemerintah tengah berupaya meningkatkan ekspor pertanian. Adapun salah satu komoditas yang tengah didongkrak ekspornya adalah komoditas rempah.

Kuntoro menambahkan pihaknya tengah memperkuat logistik perbenihan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak ekspor komoditas rempah. Menurutnya, penguatan logistik perbenihan penting dalam mendorong peningkatan produksi komoditas perkebunan.

"Penyediaan benih unggul sangat berperan untuk meningkatkan produktivitas," ujar Kuntoro.

Seperti yang diketahui, total ekspor pertanian jika dikumulatifkan selama Januari-April 2021 juga mengalami peningkatan besar, yakni 15,75%. Dengan demikian total ekspor secara keseluruhan dari Januari hingga April 2021 mencapai US$ 67,38 miliar.

Angka tersebut, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu mengalami peningkatan sebesar 24,96%.

"Kalau dilihat dari sektornya, seluruh sektor memang menunjukan angka yang sangat bagus, terutama sektor andalan seperti pertanian. Ini menunjukan bahwa proses pemulihan ekonomi Indonesia berjalan dengan baik," tandasnya. Dsy20

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU