Cara Menghilangkan Kulit Kering ala SehatQ

Rajin dan rutin melakukan perawatan kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. SP/ ID

SURABAYAPAGI.com, Surabaya -  Melakukan perawatan kulit bertujuan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Namun bisa saja kulit kehilangan cairan karena hal tertentu, sehingga menjadikan kulit nampak lebih kering. Supaya permasalahan kulit kering bisa cepat teratasi, anda perlu tahu cara menghilangkan kulit kering dengan perawatan yang tepat.

Dikutip dari SehatQ, melakukan perawatan, bisa diharapkan untuk mengurangi resiko kulit kering. Sebab. dengan bertambahnya usia, menjadikan resiko kulit kering menjadi lebih besar. Untuk kulit kering, memiliki tanda seperti sering terkelupas, pecah-pecah, dan gatal di sekitar muka.

Cara Menghilangkan Kulit Kering

Setiap wanita menginginkan kulit yang sehat dan terawat. Namun terkadang permasalahan kulit sering muncul yang membuat anda tampil tidak percaya diri. Selain permasalahan jerawat, kulit kering merupakan hal yang sering menghantui kaum wanita. Dimana jika diraba dengan tangan, maka sering terasa kasar dan kusam.

“Trend yang terjadi saat ini, banyak wanita minim melakukan perawatan karena merasa aktifitas yang dilakukan di luar rumah sedikit. Namun hal ini bisa menjadi bom waktu jika tidak disadari secara dini” seperti di lansir dari SehatQ,Kamis (4/3/2021).

Terlebih jika sudah parah, maka akan terasa perih di wajah. Untuk itu, perlu mempertahankan kelembaban kulit wajah agar bisa memperbaiki kondisi wajah. Maka dari itu, bisa dilakukan cara menghilangkan kulit kering dengan membasuh wajah menggunakan air biasa dan hindari penggunaan air hangat karena bisa memperburuk kondisi kulit.

Sebaiknya anda lebih teliti dalam memilih pembersih wajah, pilih dengan produk yang lembut dan usahakan tanpa pengharum. Hal ini bisa bertujuan untuk menghindari kulit iritasi. Setelah mencuci muka, secepat mungkin untuk menggunakan pelembab. Akan lebih baik jika menggunakan yang bentuk krim atau salep. Pilih pelembab yang banyak mengandung minyak alami.

Seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bisa juga menggunakan pelembab yang banyak mengandung lactid acid, gliserin, lanolin, mineral dan petrolatum. Carilah pelembab yang memiliki tekstur kental serta waspadai produk yang bisa menyebabkan kulit semakin kering. Misalnya yang mengandung pengharum, alkohol, dan alpha hydroxy aci (AHA). Semua cara ini untuk mengurangi kulit kering wajah anda dan menjaga kelembaban kulit.

Masker Alami

Cara menghilangkan kulit kering bisa menggunakan bahan alami sebagai masker wajah, seperti buah alpukat, pisang, dan pepaya. Selain itu, ada buah apel yang bisa meremajakan kulit kering dengan ampuh. Tidak ketinggalan mentimun juga bisa digunakan untuk menyehatkan kulit karena zat di dalamnya. Ada juga kuning telur, madu, almond, dan jeruk nipis yang bisa digunakan untuk membuat kulit kering menghilang secara perlahan.

Ada banyak sekali jenis masker yang bisa digunakan, mulai dari masker malam sampai dengan masker harian. Biasanya, beberapa orang hanya mengandalkan review produk masker kesehatan kulit wajah, namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 Penyebab Kulit Kering

Kulit kering disebabkan karena kurang cairan pada kulit bagian luar. Dimana hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk itu, anda perlu menghindari penyebab kulit kering ini dengan memperhatikan ulasan berikut.

Salah Gunakan Pelembab

Hal ini seringkali dilakukan tanpa disadari oleh anda. Dimana sering menggunakan pelembab di saat kulit wajah sedang kering. Padahal pelembab itu akan memberi manfaat yang maksimal jika digunakan dalam kondisi wajah yang lembab seperti setelah mandi.

Mandi Air Panas

Mandi dengan menggunakan air panas bisa mengurangi minyak yang ada dalam kulit wajah. Dimana minyak bisa memberi perlindungan untuk kulit. Sebaiknya gunakan air hangat dan menepuk wajah perlahan dengan menggunakan handuk serta jangan digosok berlebihan. Mandi jangan terlalu lama, usahakan 5 sampai 10 menit saja.

Sabun Banyak

Seperti halnya air panas, sabun juga bisa menghilangkan kadar minyak alami. Terlebih jika dilakukan dengan menggunakan sabun yang banyak, maka akan menghilangkan minyak secara signifikan. Apalagi jika itu sabun yang banyak mengandung pewangi.

Udara Kering

Ini merupakan salah satu penyebab utama kulit menjadi kering karena kehilangan kelembaban. Bukan hanya udara alami saja, namun penggunaan AC juga bisa memicu kulit menjadi kering. Untuk itu, cara menghilangkan kulit kering yaitu dengan rajin menggunakan pelembab jika anda sering berada di bawah AC. Id