Ganjar Pranowo "Balik" ke Kandang Banteng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Jun 2022 20:25 WIB

Ganjar Pranowo "Balik" ke Kandang Banteng

i

Momen Ganjar Pranowo saat mengikuti Sekolah Partai PDIP di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Gubernur Jateng ini Ngaku Meski Kini Ada Sejumlah Parpol yang Mengusungnya untuk Maju Pilpres 2024, Dia tak Akan Bergeming 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sampai pertengahan Juni 2022 ini, ada sejumlah lembaga survei nasional menunjukkan hasil elektabilitas Ganjar Pranowo, berada di paling atas dibandingkan bakal capres lainnya. Ganjar bersama sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan menandatangani surat pernyataan dalam Rakor kepala daerah di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyaksikan secara langsung secara virtual penandatanganan ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hadir bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta ratusan kepala daerah PDIP. Seluruhnya meneken surat pernyataan di atas materai.

Isi surat pernyataan di antaranya berisi komitmen untuk proaktif mencegah dan memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme. Serta tidak melibatkan diri dari perbuatan tercela.

Kepala daerah dari PDIP juga menyatakan tidak membuat janji dan atau menerima janji apapun secara langsung atau tidak langsung dari pihak manapun sehubungan dengan kewenangan dan atau jabatan yang dimiliki.

 

Ganjar Merasa Terhormat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengaku merasa terhormat namanya dirilik banyak partai politik untuk maju dalam Pilpres 2024. Namun, dia menegaskan bahwa dirinya tetap setia dengan PDI Perjuangan. Sejumlah pengamat menilai pernyataan Ganjar ini mengisyaratkan dia “kembali” ke kandang banteng monyong putih yang telah membesarkannya.

Padahal, DPW Partai NasDem usulkan nama Ganjar di posisi kedua sebagai bakal capres 2024. Ini karena sebagian besar pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem mengusulkan nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung oleh Partai NasDem pada Pemilu 2024.

Usulan ini datang dari 34 DPW yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). "Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu, tapi saya tetap PDI Perjuangan," kata Ganjar kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

 

Elektabilitas Ganjar Teratas

Saat ini sejumlah hasil survei nasional menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo paling atas dibandingkan bakal capres lainnya.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa hasil survei terhadap elektabilitas Ganjar berada di posisi teratas jika pemilihan umum dilakukan pada saat survei. Dari 42 nama yang disodorkan kepada responden, nama politisi PDI-P itu berada di atas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dalam simulasi semi terbuka, Ganjar Pranowo konsisten berada di urutan teratas dengan elektabilitas 22,5 persen unggul signifikan dari calon-calon yang lain," papar Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dalam rilis surveinya, Kamis.

Juga hasil survei Charta Politika menunjukkan, Ganjar juga berada pada posisi teratas elektabilitas tokoh capres lain. “Jika masyarakat memilih tiga nama di antara Anies, Ganjar dan Prabowo, maka mereka mayoritas yaitu 36,5 persen memilih Ganjar sebagai presiden, “ kata peneliti Charta Politika .

 

Ganjar Dipanggil DPP

Dua kader PDIP yang tengah menjadi sorotan beberapa waktu terakhir akan dipanggil DPP PDIP ke Jakarta. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Kedua nama itu tengah menjadi sorotan pada Pemilu 2024 mendatang.

Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar tengah meroket dibursa Calon Presiden. Sementara Gibran, ynamanya merajai sejumlah survei pada bursa Calon Gubernur DKI Jakarta. Kedua kader PDIP Jawa Tengah ini bakal mengikuti sekolah partai.

Gibran mengatakan, sekolah kader itu dijadwalkan di Lenteng Agung, Jakarta, pada Kamis-Jumat besok atau 16-17 Juni 2022. "Iya sekolah partai. Kan semua diundang, semua kepala daerah diundang, besok siang di Lenteng Agung," kata Gibran.

Menurutnya, kegiatan tersebut penting bagi kepala daerah untuk kembali merefresh isu kekinian dan isu strategis pasca pandemi.

 

Janji Ganjar Pranowo

Ganjar berjanji komitmennya pada partai berlambang banteng. Meskipun nantinya ada partai lain yang akan mengusungnya dia tak akan bergeming. "Apa lamaran-lamaran emangnya mau nikah? Partainya PDI Perjuangan, markasnya ya PDI Perjuangan ," tegas Ganjar.

"Kita kan kader PDIP," imbuh Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tadi malam di Jakarta. menegaskan bahwa dirinya setia pada PDI Perjuangan (PDIP).

Ganjar kembali menegaskan bahwa dirinya merupakan kader PDIP. Dia mengatakan tetap akan setia dengan partai berlambang banteng tersebut.

Sampai tadi malam, sebagian besar pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem mengusulkan nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung oleh Partai NasDem pada Pemilu 2024.

Selain usulkan Anies dan Ganjar juga Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Ridwan Kamil. Mereka didorong sebagai bakal capres.  erk/jk/cr4/rm

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU