Gara-gara Army, Lagu BTS Bisa Diputar di Stadion Wembley

Foto super grup asal Korea, BTS yang baru saja meluncurkan single ‘Butter’ berbahasa Inggris. SP/BTS Official

Kontroversi Lagu Butter BTS di Final Piala Eropa 2020

 

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Seoul - Lagu milik BTS yang berjudul Butter akan diputar di gelaran final Piala Eropa atau Euro 2020. BTS memenangi voting online dengan perolehan 46,6 persen mengungguli lagu Kill My Mind (Louis Tomlinson) yang mendapat 43,8 persen suara. Sedangkan lagu Bad Guy (Billie Eilish) berada di posisi tiga dengan 6,5 persen suara, dan Yeah (Usher) hanya mendapat 3,1 persen voting. Masuknya dan terpilihnya lagu BTS tersebut memunculkan kontroversi dari penggemar bola hingga ARMY (sebutan fans BTS).

Sebelumnya, voting lagu yang akan diputar pada final Euro 2020 digelar di akun Twitter resmi ajang empat tahunan tersebut. Lagu Butter BTS diumumkan masuk lagu terpilih yang akan dimainkan di Stadion Wembley, London, Inggris pada 12 Juli mendatang.

Voting ditutup pada Senin (5/7) dan lagu Butter milik BTS tercatat mendapat voting tertinggi dengan perolehan 46,6 persen. Namun, pada Selasa (6/7) malam, pihak Euro 2020 mengumumkan empat lagu yang diputar, yakni Butter (BTS), Kill My Mind (Louis Tomlinson), Bad Guy (Billie Eilish), dan Blinding Lights (The Weeknd).

Hasil ini pun memicu penolakan di kalangan penggemar bola. Muncul petisi menolak lagu milik boyband asal Korea Selatan itu karena dituding tidak cocok dengan ajang Euro 2020 sampai adanya tindakan kecurangan. Petisi bertajuk Tolak Lagu Butter Untuk UEFA EURO 2020 dibuat oleh akun dengan nama Ida Bagus di situs Change.org pada Selasa (6/7) tak lama usai UEFA mengumumkan di hari yang sama.

Sampai Rabu (7/7) pagi, petisi Tolak Lagu Butter Untuk UEFA EURO 2020 sudah ditandatangani oleh lebih dari 157 ribu dari target 200 ribu tanda tangan. Sebagian besar orang yang mengaku sebagai penggemar sepak bola menuding ada kecurangan saat voting. Banyak yang menuding perolehan voting lagu didapat karena satu orang penggemar BTS atau ARMY melakukan vote berkali-kali dengan akun yang berbeda.

Tudingan melakukan kecurangan tersebut langsung dibantah oleh para ARMY di media sosial. Banyak akun penggemar BTS menuliskan bahwa perolehan suara di voting itu didapat secara real.

Sedangkan dikalangan para ARMY merasa kecewa dan marah dengan sistem voting yang digelar oleh penyelenggara Euro 2020. Karena pada Selasa (6/7) malam, pihak Euro 2020 membuat pengumuman di Twitter.  “After nearly 4.5 million votes, we have our four songs to be played by the #vivostadiumdj at Wembley Stadium,” tulis akun UEFA Euro 2020.Congratulations go to… @bts_bighit. @Louis_Tomlinson. @Harry_Styles. @theweeknd

 Yang mana postingan tersebut memiliki arti, “Setelah hampir 4,5 juta suara, kami memiliki empat lagu untuk dimainkan oleh #vivostadiumdj di Wembley Stadium,Selamat kepada @bts_bighit. @Louis_Tomlinson. @Harry_Styles. @theweeknd.

Disini, Pihak Euro 2020 mengumumkan empat lagu yang akan diputar, yakni Butter (BTS), Kill My Mind (Louis Tomlinson), Bad Guy (Billie Eilish), dan Blinding Lights (The Weeknd).

ARMY marah, sebab mereka merasa dikhianati. Untuk apa mengadakan polling jika lagu Butter milik BTS bukan menjadi satu-satunya yang diputar di stadion. Para penggemar pun merasa bahwa akun UEFO EURO hanya memanfaatkan polling untuk mendapatkan engagement dari ARMY Twitter.

Beragam kalimat bernada protes dan kekecewaan dilayangkan para ARMY. Mereka pun menumpahkannya di kolom komentar. "Jadi polling itu hanyalah dibuat untuk membiarkan orang-orang menjadi rasis dan xenophobia terhadap salah satu artis???," ujar salah satu penggemar BTS.

"Kami menang secara adil dan jujur. Jika lagu lain menang, apakah kau akan tetap memutar Butter? Kami pikir tidak. Ini mengecewakan," kata penggemar yang lain.

“Lain kali jangan lakukan polling dan langsung katakan saja bahwa anda akan memainkan semua lagu. Kami berusaha keras untuk memenangkan survei, kami menerima hinaan dan ancaman dari fandom lain, apakah menurut anda itu menyenangkan? Jangan melakukan hal yang tidak perlu,” komen @minsuga_18.

Cuitan dari @Euro2020 itu sudah diretweet sebanyak 80.600 Retweet, dengan 24.000 komentar dan mendapat 125.100 like. ana/berbagai sumber