Influencer Berprestasi yang Dobrak Gerakan Peduli Lingkungan

Laura Seca Widyatmodjo. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Laura Seca Widyatmodjo yang awalnya dikenal sebagai pegolf junior yang berprestasi, kini perlahan menjelma jadi seorang influencer yang kerap memberikan pengaruh positif pada publik. Salah satunya adalah mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan bebas sampah, karena menumpuknya sampah telah merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan serta merupakan penyebab polusi udara.

Laura percaya jika anak muda harus jadi pemeran utama yang berdampak dan membawa perubahan, khususnya terkait lingkungan. Tak cuma sekedar teori, Laura bahkan langsung menunjukkan berbagai aksi nyata lewat Gerakan Junior Golfers For A Cause.

"Gerakan ini mengumpulkan donasi untuk disumbangkan ke organisasi yang bergerak di konservasi atau edukasi lingkungan hidup. Caranya unik, yaitu melakukan juggling golf ball untuk tiap seribu rupiah yang masuk. Kegiatan ini dilakukan sejak 25 Maret hingga 30 April 2021," ungkap Laura.

“Kegiatan ini dilakukan sejak 25 Maret hingga 30 April 2021,” imbuhnya. Hingga artikel ini disusun, donasi yang terkumpul mencapai 6,5 juta rupiah. Artinya Laura dan kawan-kawan sudah memantulkan bola golf sebanyak 6.500 kali.

Menurut Laura, ada berbagai cara untuk berpartisipasi, seperti menyumbang dengan balasan melakukan latihan juggling bola golf. Minimum donasi yaitu Rp 100 ribu untuk 100 juggles dan video bakal diunggah ke YouTube Junior Golfers For A Cause. 

Rencananya, donasi yang terkumpul diserahkan ke Teens Go Green Indonesia, sebuah komunitas anak muda yang melakukan kegiatan edukasi ramah lingkungan bagi para remaja. “Saya memilih organisasi ini karena mereka memiliki program mendidik anak remaja tentang bahaya sampah plastik di perairan kita,” urai Laura.

Gerakan ini akan berlanjut hingga akhir 2021. “Saya ingin melanjutkan gerakan ini selama setahun dan memberikan donasi untuk beberapa proyek berbasis lingkungan lainnya,” ia menyambung. 

Laura berharap aksi ini memantik semangat influencer lain untuk melakukan aksi nyata. Langkah kecil semacam ini diyakini berdampak besar bagi kesenian, lingkungan, maupun bidang-bidang lainnya.

“Semoga remaja atau masyarakat mendukung gerakan ini. Yang tak kalah penting semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga gerakan ini bisa berbuat lebih banyak,” pungkasnya. Dsy9