Kabar Duka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Ratu Elizabeth II

SURABAYAPAGI.COM, Inggris – Negara Inggris tengah berduka. Pasalnya, Ratu Elizabeth II tutup usia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) pukul 16.30 waktu setempat. Sang ratu meninggal di Istana Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir.

Berita duka tersebut dilaporkan oleh Istana Buckingham melalui Akun Twitter The Royal Family

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," bunyi pernyataan Istana Buckingham.

Kabar duka itu diberitakan tak lama setelah Istana Buckingham juga menerbitkan keterangan mengenai kondisi kesehatan Ratu yang mengkhawatirkan pada Kamis (8/9/2022) siang waktu Inggris. Tak lama setelah pengumuman itu, para anggota keluarga kerajaan bertolak ke Istana Balmoral Skotlandia.

Sebelumnya, kesehatan Ratu Inggris itu dikabarkan dalam situasi yang mengkhawatirkan. Bahkan, dokter kerajaan menyarankan kesehatan ratu 96 tahun itu untuk selalu dalam pantauan medis.

"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata sebuah pernyataan Istana, Kamis (8/9/2022).

Seperti diketahui, penguasa terlama di Inggris dan pemimpin tertua di dunia itu telah menderita 'masalah mobilitas episodik' sejak akhir tahun lalu. Karena masalah itu pula, Ratu Elizabeth dipaksa untuk mengurangi keterlibatannya dalam acara publik.

Sesaat sebelum sang kepala Kerajaan Inggris itu meninggal, semua anak Ratu Elizabeth II berkumpul di Kastil Balmoral, Skotlandia. Semua anak Ratu Elizabeth II hadir termasuk Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran William, dan Pangeran Edward.

Sementara itu, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, tiba di Kastil Balmoral beberapa waktu kemudian. Mereka berada di sisi Ratu Elizabeth II sebelum meninggal.

Kondisi tersebut membuat Pangeran Charles menjadi Raja Inggris. Charles kemudian memberikan keterangan resmi untuk pertama kalinya sejak jadi Raja Inggris mengenai ibunya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia.

Raja Charles III mengatakan hal itu merupakan kesedihan amat mendalam baginya dan seluruh keluarga.

“Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya,” kata Raja Charles III.

Negara “The Black Country” akan mengelar pemakaman kenegaraan dan memberikan penghormatan terakhir untuk melepas kepergian Ratu Elizabeth II.

Menurut rencana, setelah peti matinya kembali ke London, Ratu kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall selama sekitar empat hari sebelum pemakamannya. Ini memungkinkan semua anggota masyarakat untuk melihatnya. sb