Kementerian ESDM Targetkan Konversi 1.000 Unit Motor Listrik Hingga Akhir Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Nov 2022 10:43 WIB

Kementerian ESDM Targetkan Konversi 1.000 Unit Motor Listrik Hingga Akhir Tahun

i

Menteri ESDM Arifin Tasrif.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan konversi 1.000 unit motor berbasis bahan bakar minyak ke listrik pada tahun ini.

"Hingga akhir 2022, sebanyak 1.000 unit motor akan dikonversi menjadi kendaraan listrik," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam acara Electric Vehicle Funday di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (20/11/2022).

Adapun program konversi tersebut dilakukan untuk mendorong transisi energi bersih yang dicanangkan pemerintah.

Arifin menjelaskan, Kementerian ESDM sebelumnya sudah melakukan konversi sepeda motor menjadi kendaraan listrik sebanyak 10 unit pada 2020 dan 100 unit pada 2021. Konversi tersebut terus digenjot lantaran pemerintah menargetkan 13 juta sepeda motor listrik pada 2030.

Guna mendukung upaya tersebut, pemerintah telah menunjuk 10 bengkel motor yang memiliki sertifikasi konversi kendaraan listrik. Selain memberdayakan UMKM dan bengkel untuk konversi kendaraan listrik, dia juga berharap Indonesia mampu memproduksi kendaraan listrik sendiri dengan menggunakan sumber daya Tanah Air.

"Bengkelnya akan kami latih dulu, hanya di bengkel resmi," tekannya.

Arifin meyakini produksi baterai kendaraan listrik dapat segera direalisasikan mengingat Indonesia memiliki cadangan nikel melimpah.

"Bukan untuk motor saja tetapi untuk kapal dan transportasi lain, ini akan menghidupkan industri manufaktur dalam negeri," jelas Arifin.

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Senda Hurmuzan Kanam dalam forum group discussion (FGD) bertajuk Mendukung Percepatan Industri Kendaraan Listrik Nasional memaparkan bahwa Indonesia memiliki 130 juta kendaraan motor yang per hari membutuhkan 800 ribu barel.

"Jadi kebutuhan perhari itu 1,6 juta barel dan separuhnya dari kendaraan motor." kata Senda, Selasa (15/11/2022).

Maka dari itu, pemerintah menginisiasi konversi kendaraan motor listrik pada 2020 lalu. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU