Lestarikan Budaya, Pemkab Probolinggo Tetapkan Perbup ASN Wajib Pakai Udeng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Jun 2023 14:09 WIB

Lestarikan Budaya, Pemkab Probolinggo Tetapkan Perbup ASN Wajib Pakai Udeng

i

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian memasangkan udeng kepada salah satu anak buahnya. SP/ PRB

SURABAYAPAGI.com, Probolinggo - Melestarikan budaya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk menggunakan udeng warga Tengger. Hal tersebut telah diatur dalam peraturan bupati (perbup).

Ditetapkannya udeng Tengger lantaran dilihat dari histori, filosofi, dan sebagainya, udeng Tengger dianggap yang paling lama. Karena itu, diputuskan bahwa udeng yang digunakan adalah model udeng Tengger sekaligus untuk memperkenalkan udeng Tengger lebih luas lagi ke masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, hal ini juga akan berdampak terhadap sektor UMKM. Baik UMKM batik maupun UMKM pembuatan udeng. Ketika ada kegiatan dinas luar kota, juga akan dipakai, sehingga akan lebih dikenal.

“Ketika ada wisatawan ke Probolinggo, maka akan membeli udeng tersebut sebagai oleh-oleh. Sehingga, tidak kalah dengan daerah lain. Misalnya, ketika ke Kalimantan, pakai udeng Kalimantan dan sebagainya,” jelasnya, Rabu (07/06/2023).

Dalam perbup, nantinya akan diatur soal kewajiban ASN memakai udeng. Rencananya, akan diwajibkan setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu. “Walaupun harapan udeng ini bisa dipakai seterusnya atau 6 hari kerja plus ketika dinas keluar kota, misalnya. Jadi, udeng ini dipakai agar lebih dikenal lagi oleh orang luar,” katanya.

Rupanya, para ASN di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo telah mengawali pemakaian udeng Tengger.

“Saya rasa, hal ini merupakan salah satu cara bagaimana kita mencintai secara nyata warisan pakaian adat para leluhur kita yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian. dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU